Jelang Lebaran, Siswa SMPN 10 Tanjungpinang Dapat THR dari Alumni
Oleh : Habibi Khasim
Senin | 19-06-2017 | 08:51 WIB
bantuan-01.gif
Alumni angkatan ke-5 SMPN 10 Tanjungpinang menyerahkan bantuan untuk siswa berprestasi. (Foto: Habibi Khasim)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Beberapa siswa berprestasi dan tidak mampu di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 10 Tanjungpinang mendapatkan tunjangan hari raya (THR) kejutan dari para alumni angkatan ke-5, jelang lebaran. 4 orang siswa yang beruntung, karena menjadi juara umum di sekolah, mendapatkan dana segar dari para alumni sebagai bentuk penghargaan atas prestasi mereka.

Kegiatan ini sendiri dilakukan saat pembagian rapor, Sabtu (17/8/2017) di sekolah yang terletak di Jalan Sultan Machmud, Tanjungpinang.

Menurut Presiden Alumni angkatan ke-5 SMPN 10 Tanjungpinang, Bobby Harnawan, kegiatan tersebut telah mereka lakukan sejak tahun 2015. Para alumni berinisiatif memberikan reward kepada para junior yang berprestasi dan membanggakan orang tua mereka.
Hal ini terbersit dari mereka kumpul-kumpul dan berdiskusi tentang ide untuk membantu adik-adik mereka tersebut.

"Jadi mulai dari 2015, kita memberikan piagam yang dikeluarkan oleh alumni dan sejumlah uang dari patungan para alumni angkatan ke-5. Ini tidak lain untuk memotivasi adik-adik kita untuk terus berprestasi dan menjalin silaturahmi dengan para guru dan adik-adik kita tentunya," kata Bobby saat diwawancarai, Minggu (18/6/2017).

Bobby yang saat ini telah menjadi salah satu pengusaha di Tanjungpinang mengatakan, alumni tentunya memiliki tugas yang sama dengan para guru. Karena mereka besar juga dari didikan guru di sekolah, serta mereka memiliki kesempatan bersekolah di sekolah tersebut.

"Jadi sebagai alumni, kita terpanggil dan memiliki beban moril, untuk membantu guru, sama-sama membangun karakter adik-adik ini menjadi unggul. Serta membantu mereka yang mungkin kesulitan ekonomi. Karena, kita pun pernah sekolah dan pernah merasakan apa yang mereka rasakan. Makanya, kita terpanggil untuk melakukan kegiatan ini," cerita Bobby.

Berangkat dari solidaritas kepada sekolah dan adik-adik kelas, para alumni sekolah tersebut mengharapkan kegiatan ini menjadi motivasi untuk alumni lainnya atau bahkan dari sekolah lain untuk melakukan hal yang sama kepada adik-adik di sekolah masing-masing. Kemudian, dapat menumbuhkan sikap toleransi, saling mendukung dan mempererat silaturahmi bagi adik-adik di sekolah.

"Kita juga mengharapkan, kegiatan ini tidak hanya kita saja yang berperan. Tetapi setelah mereka lulus dari sini, hingga sukses nantinya, mereka juga dapat melakukan hal yang sama, membantu adik-adik mereka yang membutuhkan. Yang jelas jangan lupa asal dari mana, karena dari sanalah kita bisa menjadi orang sukses seperti sekarang ini," kata Bobby.

Program ini sendiri diberi nama "Dari dan untuk Sahabat". Di mana penerima reward-nya adalah siswa yang tidak mampu dan berprestasi.

Pada tahun 2017, siswa yang mendapat rezeki nomplok jelang lebaran ini adalah Rahmaini Syahputri sebagai Juara Umum I, mendapatkan THR sebesar Rp900.000. Disusul Adinda Fitria Chinthani juara umum II, mendapatkan Rp700.000 dan pemegang juara umum III mendapatkan Rp500.000 atas nama Zipa Devana.

"Ada juga yang mendapat nilai Ujian Nasional (UN) tertinggi atas nama Muhammad Fajar mendapatkan Rp600.000," terang Bobby.

Editor: Gokli


BNN-KEPRI