Ruangan Pansus DPR Terbakar Dini Hari Tadi
Oleh : Irawan
Minggu | 18-06-2017 | 09:30 WIB
pansus-dpr-terbakar1.jpg
Ruangan Pansus C terbakar dinihari tadi karena korsleting listrik (Foto: Ist)

BATAMTDAY.COM, Jakarta - Gedung Nusantara II DPR/MPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, terbakar, Minggu (18/6/2017) dini hari tadi. Titik api berada di lantai 3 tepatnya di ruangan Panitia Khusus (Pansus).

"Iya benar terbakar, asap tebal mengepul di lantai 3 ruang Pansus," ujar petugas piket Damkar Jakarta Pusat, Permadi di Jakarta, Minggu (18/6/2017).

Kebakaran terjadi pukul 02.12 WIB tadi. Saat ini api sudah berhasil dikondisikan. Sebanyak 15 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan ke lokasi.

"Api sudah berhasil dikontrol, tinggal asap saja yang masih dikeluarkan dengan membuka jendela ventilasi," katanya.

Kebakaran yang terjadi di plafon gedung Nusantara 2 Kompleks DPR/MPR, Senayan, Jakarta Pusat, telah padam. Api diduga muncul akibat korsleting listrik.

"(Diduga) korsleting litsirk pada jaringan intsalasi lampu. Apinya kecil, hanya menimbulkan kepulan asap dan sudah berhasil dikondisikan petugas. Info dari petugas tidak ada (dokumen yang terbakar), karena titik api cuman di langit-langit saja," ujar Permadi.

Hal senada disampaikan Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Djaka Dwi Winarko. Ia mengatakan, Ruang Rapat Pansus C Gedung Nusantara II DPR RI sudah dipadamkan.

Kejadian bermula dengan terdengarnya alarm di lantai 3 gedung nusantara II kemudian muncul asap dan diikuti dengan munculnya percikan api pada pukul 01.30 WIB, Minggu (18/6/2017).

"Api tidak sempat membesar karena hanya dengan pemadaman yang dilakukan oleh Petugas pengamanan Dalam (Pamdal) dengan memanfaatkan alat pemadam api ringan (apar) dan saat itu juga sudah sudah dapat dipadamkan," kata Djaka.

Djaka mengatakan, kejadian terjadi di plafon ruang rapat dan tidak ada dokumen yang rusak atau terbakar.Kerusakan hanya terjadi di satu tempat instalasi listrik plafoon ruang rapat.

"Titik kejadian kebakaran bukan di Ruang Rapat Pansus B tempat pembahasan RUU Pemilu. Dugaan sementara penyebab kebakaran masih tahap penyelidikan pihak yang berwajib," katanya.

Cek lokasi kejadian

Sementara itu, Kepolisian Sektor (Polsek) Tanah Abang langsung mengecek lokasi kebakaran di lantai 3 Gedung Nusantara II DPR/MPR Senayan, Jakarta Pusat.

Gedung Nusantara II juga masih tertutup untuk umum. Pengecekan dilakukan sekitar pukul 06.00 WIB. Petugas dari pengamanan dalam DPR masih tampak berjaga. Setiap yang tidak memiliki kepentingan belum diperbolehkan menuju lokasi.

"Belum boleh ke atas, masih ada polisi sama pemadam kebakaran mengecek lokasi," ujar salah seorang petugas keamanan yang enggan disebut namanya.

Polisi juga memasang garis polisi di lokasi untuk kepentingan lebih lanjut. Api muncul dari atap plafon gedung.

"Masih diamankan saja, belum olah TKP, hanya pasang garis polisi biar aman dulu. Kebakarannya ada di lantai 3, gedung Ransus C kalau tidak salah," ujar salah seorang petugas Polisi.

Editor: Surya


BNN-KEPRI