Belasan Penumpang Kapal Sabuk Nusantara 62 Ditipu Calo di SBP Tanjungpinang
Oleh : Roland Hasudungan Aritonang
Sabtu | 17-06-2017 | 19:02 WIB
satpol-air-berhasil-selamatkan-barang-penumpang-sabuk-nusantara.gif
Sat Pol Air Polres Tanjungpinang berhasil mengambil barang-barang penumpang yang dibawa Kapal Sabuk Nusantara 62 (Foto: Roland Hasudungan Aritonang)

BATAMTODAY.COM,Tanjungpinang - Belasan penumpang Kapal Sabuk Nusantara 62 harus mengurungkan niatnya untuk berlebaran dengan keluarganya yang berada di kampung halaman.

Pasalnya belasan calon penumpang yang akan bertolak dari Tanjungpinang menuju Tambelan dan Kalimantan ini terpaksa harus dikeluarkan dari dalam kapal oleh Petugas PT PELNI Cabang Tanjungpinang.

Atik (38), salah satu calon penumpang yang akan mudik ke Kalimantan dengan menggunakan kapal ini mengatakan, dirinya sudah menunggu dari pagi hingga kapal hendak berangkat, terpaksa harus turun dan kembali ke rumahnya, kerena ia dan puluhan calon penumpang ditipu oleh calo tiket.

"Pak tolonglah, sudahlah kami kena tipu, barang-barang kami ada di dalam kapal tadi dan kami disuruh keluar oleh petugas. Sementara di dalam tas itu ada baju lebaran dan sejumlah uang. Sepeser pun kami tidak memiliki uang, bagaimana kami mau makan di sini," ujar Atik sambil menangis kepada Anggota Satpol Air Tanjungpinang.

Atik menjelaskan, dirinya bersama anak dan suami dari Pekanbaru untuk mudik ke kampung halamannya Kalimantan, justru sirna karena ditipu calo.

"Saya sudah bayar uang kepada calo itu satu orangnya Rp300 ribu, tapi kenapa kami dilarang naik ke kapal," katanya sambil menguasap air matanya.

Mendapat laporan dari anggotanya, Kasatpol Air Polres Tanjungpinang Iptu Firuddin langsung memerintahkan anggotanya bersama petugas KSOP Tanjungpinang untuk mengejar kapal Sabuk Nusantara 62 itu, untuk mengambil barang-barang milik masyarakat tadi.

"Saya mendapat laporan kalau ada satu keluarga dan 14 penumpang yang barang-barangnya terbawa kapal itu, terkait dengan mereka ditipu calo saya belum mendapat laporan," ucap Firuddin saat dikonfirmasi BATAMTODAY.COM.

"Kita langsung melakukan pengejaran kapal itu, kebetulan belum jauh dan kita berhasil mengambil barang-barang penumpang yang dibawa kapal," pungkasnya.

Editor: Udin


BNN-KEPRI