Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Safari Ramadahan di Anambas

Gubernur Nurdin Tampung Aspirasi dan Tinjau Proyek Pembangunan di Anambas
Oleh : Charles Sitompul
Rabu | 14-06-2017 | 09:50 WIB
ratas-01.gif Honda-Batam
Rabat terbatas Gubernur Kepri bersama OPD Provinsi dengan Bupati serta OPD Kabupaten Kepulauan Anambas. (Foto: Humas Pemprov Kepri)

Selain melaksanakan safari Ramadhan dan Nuzulul Quran malam ke-17, Gubernur Provinsi Kepri Nurdin Basirun bersama Kepala OPD, juga menggelar Rapat Terbatas (Ratas) dengan Buati dan Kepala OPD Kabupaten Kepulauan Anambas, Ahad (11/6/2017).

Kepada peserta yang hadir Nurdin mengatakan, selain untuk menjemput keberkahan di bulan Ramadhan, pihanya juga ingin berkoordinasi lebih lanjut terkait pelaksanaan pembangunan yang dibutuhkan masyarakat. Dari komunikasi dan koordinasi yang dilakukan, diharapkan dapat merumuskan kebijakan dan rencana pembangunan yang diinginkan, dalam menjawab tuntutan kesejahteraan di Kabupaten Anambas.

"Rapat koordinasi ini, dimaksud untuk menyatukan arah pelaksanaan pembangunan yang sedang dilaksanakan dan akan dilakanakan pemerintah Kabupaten Anambas. Dan apa saja kebutuhan dan pembangunan masyarakat yang belum terpenuhi, perlu dirangkum dan ditindaklanjuti agar menghasilkan kerja nyata untuk masyarakat," ujar Nurdin saat memimpin rapat antar OPD Provinsi Kepri dengan Kabupaten Anambas di ruang rapat Tolam Resort, Tarempa, Anambas.

Nurdin juga mengatakan, pertemuan yang dilakukan saat itu merupakan bukti dekatnya koordinasi dan komunikasi langsung antar pemerintah baik tingkat Provinsi maupun di Kabupaten/Kota.

"Kami memaksimalkan waktu selama berada di sini, untuk menampung aspirasi masyarakat, melalui OPD terkait, untuk mengetahui dan mensingkronkan kebijakan pembangunan dalam memenuhi butuhkan daerah yang menjadi keinginan masyarakat," kata Nurdin.

Gubernur Nurdin Basirun meninjau kondisi pasien dan kondisi Rumah Sakit Lapangan di Palmatak.

Anamabas sebagai daerah terluar, tambah Nurdin, memiliki potensi yang tidak boleh dibiarkan begitu saja. Potensi yang tidak digunakan, tidak akan menghasilkan apa-apa. Namun, jika dikelola dengan baik perlahan tapi pasti tentu akan memberikan manfaat yang besar.

Bupati Anambas, Abdul Haris dalam paparannya mengatakan, sangat mengapresiasi diadakanya rapat terbatas dan pertemuan tersebut, sebagai langkah dalam dalam menyatukan persepsi dalam pelaksanaan pembangunan Pemerintah Provinsi dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

"Selain berterima kasih, melalui pertemuan ini, kami juga mengharapakan sinkronisasi kebijakan pelaksanaan pembangunan dapat dilaksanakan dengan terarah dan sejalan baik dari Kabupaten dan Provinsi," ujarnya.

Pertemuan ini tambah Abdul Haris, juga sebagai pintu yang terbuka untuk saling berkomunikasi secara inten terhadap berbagai persoalan, hingga dapat ditangani dan diselesaikan.

Dari hasil pertemuan, Gubernur Provinsi Kepri, bersama Anggota DPRD Provinsi Kepri Tawarich serta Kepala OPD Provinsi Kepri, juga menggaris bawahi sejumlah usualan proyek pembangunan yang sedang dilaksanakan, dan akan dilaksanakan, termasuk usulan sejumlah proyek pembangunan Kabupaten Kepulauan Anambas yang diusulkan ke Provinsi dan DPRD Kepri.

Gubernur dan Bupati Abdul Haris Tinjau Sejumlah Proyek di Anambas

Dalam kunjungan tiga hari di Anambas, Gubernur meninjau beberapa proyek yang ada di Kecamatan Jemaja, antara lain renovasi tempat peletakan gardu listrik di Jemaja. Nurdin berpesan kepada Bupati Anambas untuk terus memantau renovasi bangunan gardu listrik, agar semua masyarakat di Jemaja dapat merasakan juga listrik secara konsisten.

Gubernur H Nurdin Basirun dan Bupati Anambas Abdul Haris melakukan peninjauan Rumah Sakit Lapangan di Kecamatan Palmatak, dengan menggunakan Kapal Operasional Kabupaten Anambas. Dalam peninjauan itu terlihat masih banyak fasilitas yang kurang seperti pendingin udara yang tidak berfungsi, dan ruangan yang kurang memadai. Melihat hal tersebut Gubernur meminta kepada pihak rumah sakit agar segera membenahinya.

"Karna itu merupakan bagian dari pelayanan, apalagi tempat penyimpanan obat yang alat pendinginnya sering rusak itu berbahaya untuk kelangsungan obatnya pun berbahaya bagi pasien nantinya," ujar Nurdin.

Gubernur meninjau aktivitas pembangunan di Anambas.

Setelah itu Gubernur bersama Bupati berkeliling ruangan dan menjenguk pasien yang ada sembari menanyakan keadaan dan mendoakan agar segera sembuh.

Dilokasi lain, Gubernur juga meninjau lahan persawahan yang belum jadi irigasinya. Melihat itu Gubernur langsung memerintahkan Kepala Dinas PU Abu Bakar untuk segera menindaklanjuti pembangunan irigasi agar persawahan yang ada dapat memberikan hasil yang maksimal.

Kemudian meninjau pembangunan Bandara Letung. Dari laporan Bupati Anambas Abdul Haris saat ini bandara ini sedang tahap membangun secara total panjang landasan pacu adalah 2.500 meter. Namun, itu akan dibangun secara bertahap. Nurdin dengan menginstruksikan Kepala Dinas PU Abu Bakar untuk membantu pembangunan jalan.

"Sepanjang jalan menuju bandara tadi kita lihat jalanan belum beraspal, segera tindaklanjuti untuk prioritas program pembangunan jalan di tahun depan," ujar Nurdin kepada Kepala Dinas PU.

Usai dari Bandara, Nurdin meninjau Bendungan Desa Bukit Padi di Kecamatan Jemaja. dalam kesmeptan itu, Nurdin mengatakan, keberadaan Bendungan Desa Padi di kecamatan Jemaja itu, harus terus dikelola dengan baik, selain itu, sarana dan prasaran bendungan tingkatkan lagi sarana untuk mendukung bendungan ini dapat bekerja dengan maksimal," pesan Nurdin kepada Bupati Anambas.