Berawal dari Hobi, Kini Rizky Utami Buka Usaha Sendiri
Oleh : CR-15
Jum\'at | 02-06-2017 | 17:26 WIB
Rizky-Utami.gif
Rizky Utami warga Tanjunguban (Foto: CR-15)

BATAMTODAY.COM, Tanjunguban - Rizky Utami adalah sosok ibu rumah tangga yang sangat produktif. Walaupun baru sekitar 6 bulan ia mulai menekuni usaha menjahit pakaian rumahan atau home industri.

Menjahit sebenarnya bukan merupakan hobby ataupun keahliannya. Ia mulai menjahit untuk mengisi waktu sehari-hari selain menjadi ibu rumah tangga di rumahnya.

"Mulanya saya mencari kegiatan yang tetap bisa dikerjakan di rumah, bisa menghasilkan sesuatu dan bisa sambil mengurus anak," tutur Rizky kepada BATAMTODAY.COM, Jumat (2/6/2017).

Ia pun menceritakan awal ketertarikannya menjahit. "Saya mulai tertarik belajar menjahit sejak anak perempuan saya menginjak usia 3,5 tahun. Saya lihat kebutuhan bajunya banyak. Lalu sempat terlintas kenapa tidak coba membuat bajunya sendiri daripada harus beli. Selain menghemat biaya, saya juga bisa ciptain modelnya sesuai kemauan," ungkapnya.

Rizky mengaku mulai belajar menjahit secara otodidak lewat tutorial di akun youtube. "Awalnya belajar dari youtube. Kemudian sekarang saya ikut komunitas BMBS (Belajar Menjahit Bersama Senwick) divisi Bintan. Di komunitas ini saya diajarkan pola-pola dasar menjahit. Anggotanya di Tanjunguban ada sekitar 18 orang," jelasnya.

Awalnya Ia hanya fokus menjahit pakaian anak-anak saja. "Saya coba buat pakaian anak-anak seukuran anak saya lalu saya posting di facebook. Ternyata banyak yang berminat dan akhirnya banyak orderan masuk," beber Rizky.

Jelang Lebaran ini, kata Rizky, orderan menjahitnya meningkat. "Sekarang mulai ada yang order pakaian dewasa dan pasangan dengan anaknya. Apalagi menjelang idul fitri ini, alhamdulillah orderan yang masuk lumayan banyak," tuturnya.

Perharinya, Rizky bisa menghasilkan 3-4 baju dengan tenaga sendiri. "Untuk orderan selama bulan puasa ini, saya panggil orang untuk membantu saya menjahit. Jadi tugas saya membuat polanya," kata Rizky.

Selain menjahit, ibu kelahiran 24 Juli 1994 ini juga mulai menekuni kerajinan dari bahan flanel. "Saya juga membuat craft dari flanel. Bahan flanel saya jadikan berbagai kerajinan seperti boneka mini serta berbagai bentuk gantungan kunci," imbuhnya.

Editor: Udin


BNN-KEPRI