Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gegara Tinggi Badan Tak Sampai, Pencaker Pulang dengan Rasa Kecewa
Oleh : Yosri Nofriadi
Selasa | 09-05-2017 | 19:26 WIB
pencaker-oke-400x192.gif Honda-Batam

PKP Developer

Setelah lulus seleksi tinggi badan, para pencaker wanita ini mengikuti tahap selanjutnya (Foto: Yosrti Nofriadi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Salah satu syarat yang ditentukan oleh pihak PT Sumitomo Wiring System Batam, dan PT Ciba adalah tinggi badan. Sehingga membuat beberapa pencari kerja (pencaker) pulang dengan rasa kecewa, Selasa (9/2017).

Pasalnya, penerimaan karyawan untuk  PT Sumitomo Wiring System Batam dan PT Ciba Vision Batam, harus memenuhi syarat yang paling utama adalah minimal tingginya 150 Centimeter untuk PT Sumitomo dan 148 Centimeter untuk PT Ciba.

Beberapa pencaker yang tidak memenuhi kriteria tersebut langsung dinyatakan tidak lulus.


Mega (19), warga Kavling Saguba ini misalnya, terpaksa tidak bisa ikut tes lantaran tinggi badannya hanya mencapai 146 cm saja.

"Tadi mau ikut tes, tapi gak diterima. Kurang tinggi saya, jadi gak bisa," ujarnya.

Begitu juga dengan Dina (20), warga Pemda Aviari Sagulung ini terpaksa mengurungkan niatnya bekerja di dua perusahaan itu. Dina tersendat lantaran tinggi badannya yang tak sesuai dengan yang diinginkan perusahan.

"Terpaksa pulang lah. Kecewa juga, tapi mau bagaimana, syaratnya tinggi saya gak masuk," ujar Dina.

Sementara itu, salah satu securiti yang berjaga untuk mengukur tinggi pelamar kerja, Rianto, mengatakan bahwa sebelum diperbolehkan mengikuti tes kerja, pelamar harus melewati alat pengukur tinggi badan yang terpasang.

"Diukur di sini dulu, kalau tak sampai tak bisa diterima. Karena mesinnya kan tinggi, jadi yang tinggi bandannya tak sampai, memang jadi kendala bagi perusahaan," ujar Rianto.

Wajah kekecewaan terpampang di wajah para pencari kerja itu. Namun, aturan yang ditetapkan perusahaan sudah sedemikian rupa, sehingga menyebabkan para pencaker itu terpaksa pulang dengan tangan hampa.

Editor: Udin