Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tinggi Badan dan Umur Jadi Syarat Kerja di Perusahaan Mukakuning
Oleh : Yosri Nofriadi
Selasa | 09-05-2017 | 17:03 WIB
pencaker-di-Mk-Kuning-400x192.gif Honda-Batam

Pencari kerja ini berharap dapat mengisi lowongan pekerjaan yang disediakan PT Sumitomo dan PT Cisa (Foto: Yosri Nofriadi)

BATAMTODAY, COM.Batam - PT Sumitomo Wiring System Batam dan PT Ciba Vision Batam di Kawasan Industri Batamindo Muka Kuning Batam, membuka seleksi lowongan pekerjaan khusus perempuan untuk posisi operator.

Ratusan orang mengikuti seleksi lowongan kerja yang dilakukan oleh tiga orang karyawan PT Tunas Karya di aula MPH industrial Batamindo Muka Kuning, Batam, Selasa (9/5/2107).

Heru, salah seorang anggota tim seleksi dari pihak Tunas Karya mengatakan, penerimaan lowongan kerja ini hanya berlangsung satu hari saja. Tidak ada yang bisa menitip-nitipkan lamarannya.

"Penerimaan hari untuk ratusan orang, karena ada dua perusahaan yang sedang butuh karyawan baru," ujarnya.

Penerimaan karyawan untuk PT Sumitomo Wiring System Batam dan PT Ciba Vision Batam, harus memenuhi syarat yang paling utama adalah minimal tingginya 150 Centimeter untuk Sumitomo dan 148 Centimeter untuk Ciba.

Sedangkan umur dibatasi maksimal 26 tahun. Selain itu, telapak tangan juga harus tidak lembab.

"Barang yang akan dikerjakan di dua perusahaan adalah barang elektronik yang tidak bisa terkena air," ujarnya lagi.

Sementara Ratih, dari pihak Tunas Karya lainnya mengatakan, sebelumnya mereka sudah selesai melakukan perekrutan karyawan untuk laki-laki.

"Kemarin khusus laki-laki, sudah ada orangnya yang mereka butuhkan sebanyak 50 orang, jadi sekarang kita melakukan perekrutan untuk perempuan," ujarnya lagi.

Sedangkan Tjaw Hioeng, Manager Admin & General Affair Batamindo mengatakan, standar tinggi badan dalam proses rekrutmen tenaga kerja ini sudah menjadi standar dari setiap perusahaan.

Pasalnya, jika operator tidak memiliki tinggi badan yang cukup, maka pekerja akan kesulitan untuk mencapai bidang kerja ataupun mesin yang dioperasikan.

"Semua perusahaan industri di dunia menggunakan standar tinggi badan. Tidak hanya di Batam," jelas Tjaw Hioeng.

Sementara untuk pembatasan umur, tiap perusahaan juga memiliki standar tersendiri. Perusahaan berharap agar dapat mempekerjakan buruh yang produktif.

"Kalau yang masih muda, mereka lebih fres dan kerjanya lebih teliti," pungkasnya.
    
Editor: Udin