Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tapi Akibat Pelayanan Pemerintah Belum Maksimal

Suprapto Tegaskan Perusahaan Banyak Tutup Bukan Karena Buruh
Oleh : Romi Chandra
Senin | 01-05-2017 | 15:02 WIB
suprapto-mayday1.jpg Honda-Batam

Suprapto, Sekretaris F-SPMI Batam yang juga Panglima Garda Metal Batam usai demo di Kantor Wali Kota Batam, Senin (1/5/2017). (Foto: Romi)

BATAMTODAY.COM, Batam - Merosotnya perekonomian Batam dan banyaknya perusahaan yang gulung tikar, menurut para pekerja bukanlah dikarenakan mereka yang selalu menuntut upah dinaikkan, tapi karena minimnya pelayanan pemerintah.

Panglima Garda Metal FSPMI, Suprapto, mengatakan, dengan banyaknya perusahaan yang tutup, harusnya ditanyakan pada pemerintah, apa upaya atau rencana mereka ke depan untuk mengatasi hal tersebut.

"Pemerintah harus melakukan evaluasi dan mencari tahu apa kendala yang mengakibatkan hal ini. Semua ini bukan karena kami berdemo, namun karena pelayanan dari pemerintah yang belum maksimal," ungkapnya, Senin (1/5/2017).

Menurutnya, pihaknya telah menelusuri apa yang mrnjadi keluhan dari pengusaha. Saat investor mau masuk, namun justru lahan maupun pengurusan yang dilakukan susah.

"Persoalan lahan bukan atau perizinan bukanlah berasal dari kami. Kalau dari awal saja investor sudah susah melakukan pengurusan, tentu mereka balik kanan. Kalau kami sebagai pekerja, peran kami hanya dengan meningkatkan kemampuan dalam bekerja," lanjutnya.

Pihaknya, juga sudah melakukan pertemuan dengan perusahaan. Kendala yang mereka rasakan, paling utama adalah persoalan pelayanan pemerintah.

"Harapan kami ke depan, pemerintah jangan memperdulit investor soal perizinan dan harus menyediakan lahan. Bagaimana mungkin merrka berinvesasi kalau lahan tidak ada. Persoaln sekarang bukan karena tuntutan kami, tapi karena pemerintah," pungkasnya.

Editor: Yudha