Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Malam Ini, Republika Gelar Malam Penganugerahan Tokoh Perubahan 2016
Oleh : Surya
Selasa | 25-04-2017 | 18:26 WIB
malampenganugerahn-republika-400x192.gif Honda-Batam

PKP Developer

Republika akan menggelar acara malam penganugerahan Tokoh Perubahan 2016 di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Selasa (25/4) malam. (Foto: Surya)

BATAMTODAY.COM, Jakarta - Republika akan menggelar acara malam penganugerahan Tokoh Perubahan 2016 di Djakarta Theater, Jakarta Pusat, Selasa (25/4/2017) malam.

Acara tahunan yang diadakan media komunitas Muslim terbesar di Indonesia ini, merupakan bentuk apresiasi kepada tokoh-tokoh yang mendorong program-program baru di berbagai bidang.

Mereka yang terpilih dan dinobatkan sebagai Tokoh Perubahan adalah sosok-sosok yang dinilai mampu memberikan kontribusi nyata bagi bangsa dan melakukan perubahan di tengah masyarakat.

Ketua Panitia Tokoh Perubahan 2016, Subroto, mengatakan bahwa proses pemilihan tokoh perubahan diawali dengan mengamati usulan-usulan yang masuk kepada Republika.

“Usulan tersebut datang dari berbagai elemen masyarakat, mulai pegawai negeri sipil, tokoh masyarakat, birokrat, ulama, pengusaha, sampai masyarakat biasa,” kata Subroto dalam siaran persnya, Selasa (25/4/2017).

Menurut dia, semua usulan ini kemudian dipelajari profil portofolionya, lalu dilakukan konfirmasi langsung agar yakin kalau tokoh-tokoh yang diusulkan tersebut benar-benar sesuai dengan semangat dan nilai-nilai penganugerahan tokoh perubahan.

Selama satu tahun penuh sepanjang 2016 katanya lagi, panitia menerima puluhan nama tokoh yang diusulkan menjadi Tokoh Perubahan 2016. Panitia bahkan sampai mengirimkan tim ke sejumlah daerah terpencil di Nusantara, termasuk ke wilayah timur Indonesia (Sulawesi dan Papua). Pengiriman tim dimaksudkan untuk memperoleh gambaran yang utuh mengenai tokoh-tokoh yang diusulkan.

“Untuk tahun ini, akhirnya ditetapkan enam tokoh yang kami nilai terbaik sebagai Tokoh Perubahan 2016,” katanya.

Keenam tokoh yang berhasil mendapatkan anugerah Tokoh Perubahan 2016 adalah Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati, pendiri BMT Beringharjo Yogyakarta Mursida Rambe, pendiri Koperasi Tani Maju Bersama Lombok Barat H Artim Yahya, pendiri Universitas Amikom Yogyakarta M Suyanto, bidan inspiratif sekaligus pendiri Yayasan Bumi Sehat Bali Robin Lim, dan pendiri perusahaan kosmetik PT Paragon Technology and Innovation/PTI (Wardah Cosmetics) Nurhayati Subakat.

Subroto menambahkan, Republika terus berupaya mempertahankan penganugerahan gelar Tokoh Perubahan sebagai referensi dan inspirasi bagi masyarakat untuk terus ikut serta dalam melakukan perubahan.

Expand