Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Raih Penghargaan Kapolri

Pengabdian Tanpa Batas Brigadir Polisi Maya Oktaviani
Oleh : Nurjali
Jum'at | 21-04-2017 | 14:50 WIB
maya-polwan1.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Brigadir Polisi Maya Oktaviani. (Foto: Nurjali)

Mengabdi untuk masyarakat merupakan cita-cita tulus dari Brigadir Polisi Maya Oktaviani, penerima penghargaan Kapolri sebagai Polwan di daerah perbatasan.

Bahkan di usia yang sudah kepala tiga, lulusan Sekolah Polisi Wanita tahun 2001 ini masih belum kepikiran untuk memiliki pasangan hidup.

Maya Oktaviani memberikan motivasi bagi putra-putri di daerah Kepulauan dan perbatasan untuk tetap memacu semangat dan berani mengabdikan diri untuk masyarakat apapun profesinya termasuk menjadi seorang Polisi.

Pengabdian tanpa batas dara kelahiran tahun 1984 ini seakan terbayar lunas setelah mendapatkan penghargaan dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Jenderal Polisi Tito Karnavian pada Senin (10/4/2017) malam di Wisma Bhayangkari Mebes Polri. Ia mengaku berbangga hati dan menjadi salah satu moment tak terlupakan dihidupnya.

"Dibilang bangga mendapat penghargaan pasti bangga dapat bertemu langsung dengan orang nomor satu Polri, tapi saya tidak ingin berlebihan karena ini adalah pengabdian dan sudah menjadi kewajiban saya sebagai Polisi dan memilih jalan sebagai anggota Bhayangkara," Kata Maya yang malu-malu ketika di wawancarai BATAMTODAY.COM diruangannya di Mapolres Lingga, Jalan Batu Kacang kilometer 5,5 pada Jumat (21/4/17).

Sebelumnya, Maya juga pernah mendapat penghargaan dari Polda Kepri atas dedikasinya karna bekerja extratime tanpa pamrih pada saat pelaksanaan Pemilu legislatif dan Pemilihan Kepala Daerah di wilayah perbatasan di Kabupaten Lingga.

"Waktu itu kerja lembur sama seperti teman-teman yang lain, cuma bedanya saya perempuan dan kebanyakan yang lainnya laki-laki," ujar Polwan kelahiran pulau Singkep ini.

Ketika di singgung apakah terpikir dirinya untuk memiliki pasangan hidup dan berkeluarga sambil tersenyum, Ia mengatakan dirinya belum berpikir kesana dan memang belum dapat jodoh.

"Belum terpikirkan dan memang belum ada jodoh, sekarang ingin full mengadi di Polwan," ujarnya sambil tersenyum.

Selain menjadi Polwan yang super aktif dan selalu siap dalam kondisi apapun dari atasannya, Maya juga menyempatkan hobi bersepedanya. Tidak main-main, hobinya ini mendapat restu dari korps tempatnya bekerja sehingga tak jarang Polwan yang terlihat selalu tegas ini juga menorehkan beberapa prestasi di cabang olahraga sepeda.

Keseriusannya dalam olahraga sepeda ini juga sempat menorehkan prestasi dan mewakili daerah maupun Korps nya sendiri. "Ikut Even pernah dan sering juga kalau dapat izin, sebenarnya hanya hobi saja olahraga sepeda," jelasnya.

Salah satu satu Prestasi di cabang olahraga Sepeda ini dirinya beberapa kali mengikuti Even-even besar di tingkat nasional bahkan internasional, Seperti yang baru-baru ini di selenggarakan di Pulau Bintan.

Sama seperti perempuan lainnya Maya menungkapkan tidak membuatnya canggung untuk melakukan pekerjaan lawan jenisnya. "Jadi Polisi itu tidak ada bedanya antara laki-laki maupun perempuan dan kami sudah terbiasa," sebutnya.

Diakhir perbincangan, Maya yang terlihat malu-malu karena belum terbiasa diwawancarai media ini mengatakan dirinya sangat bangga menjadi seorang polisi. Dan sebagai anak pulau dirinya memotivasi agar anak-anak pulau tidak malu untuk berkiprah ditingkat yang lebih tinggi, karena dirinya yakin anak-anak di perbatasan memiliki kemampuan yang sama dengan anak-anak lainnya.

"Jangan minder jadi anak pulau atau pesisir, karena terbukti saya dan teman-teman lainnya banyak yang mampu bersaing dengan teman-teman yang dari kota," sebutnya.

Brigadir Maya Oktaviani, Polisi Wanita (Polwan) yang bertugas di Polres Lingga menjadi satu dari 20 Polwan seluruh Indonesia yang mendapat penghargaan dari Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian.

Penghargaan ini diterima Maya berkat kinerjanya yang dinilai baik selama 10 tahun bertugas di daerah pedalaman. Maya menerima penghargaan di Wisma Bhayangkari Mabes Polri, Jalan Trunojoyo Jakarta Selatan, Senin (10/4) malam.

Kapolri memberikan penghargaan kepada 20 Polwan dari seluruh Polda di Indonesia yang terdiri dari dua kategori, prestasi dan pengabdian. Sembilan Polwan mendapat penghargaan prestasi dan Maya bersama 10 orang lain mendapat penghargaan pengabdian.

Editor: Yudha