Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Pemilih Pemula di Pilwako Tanjungpinang 2018 Diprediksi Capai 3 Ribu Orang
Oleh : Ismail
Selasa | 11-04-2017 | 09:50 WIB
sos-01.gif Honda-Batam

Rapat koordinasi kependudukan menjelang pilkada gelombang ke III melibatkan Camat dan Lurah se-Kota Tanjungpinang di Hotel BP. (Foto: Ismail)

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang memprediksi partisiasi pemilih pemula pada Pemilihan Walikota (Pilwako) 2018 mendatang akan bertambah sekitar 3 ribu.

"Pemilih pemula kami prediksi sekitar 3 ribu orang. Angka itu merupakan penambahan selama 2 tahun belakangan," ungkap Ketua KPU Kota Tanjungpinang, Robby Patria saat Rapat koordinasi kependudukan menjelang pilkada gelombang ke III melibatkan Camat dan Lurah se-Kota Tanjungpinang di Hotel BP, kemarin.

Ia memaparkan, peningkatan pemilih pemula tersebut dipicu pada angka kelulusan pelajar SMA/SMK selama dua tahun terakhir. Untuk itu, pihaknya berkoordinasi dengan instansi terkait agar para pemilih pemula ini dapat terdata dan menggunakan hak suaranya pada pesta demokrasi Tanjungpinang 2018 mendatang.

"DPT (Daftar Pemilih Tetap) Kota Tanjungpinang pada Pilgub 2015 lalu berjumlah 146.207. Tahun ini akan meningkat lagi," katanya.

Berbeda dengan Ketua KPU Tanjungpinang, Kepala Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang, Irianto mengungkapkan, sesuai dengan data Disdukcapil jumlah remaja berusia 16 tahun di Tanjungpinang saat ini sebanyak 4.309 orang. Yang artinya, pada tahun 2018 mendatang, anak usia tersebut sudah bisa menggunakan hak suaranya.

"Angka anak usia 17 minus 1 itu kita prediksikan memcapai 4.309. Mereka ini akan menjadi DPT tahun 2018," ujarnya.

Namun, untuk memastikan validnya data tersebut, Irianto meminta Camat dan Lurah se Kota Tanjungpinang untuk mengecek kembali data penduduk di masing-masing wilayah.

Sebelumnya, Disdukcapil Tanjungpinang mencatat data warga Tanjungpinang wajib memiliki e KTP per 31 Maret 2017 berjumlah 185 ribu. Jumlah tersebut mengalami selisih sekitar 39 ribu dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang berasal dari data Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tanjungpinang pada Pilkada Gelombang Gelombang II 2015 lalu yang berjumlah sekitar 146.207 jiwa.

Editor: Gokli