Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Konsumsi Minuman Soda, Picu Remaja Lebih Agresif
Oleh : Magid
Selasa | 25-10-2011 | 12:56 WIB
minuman_soda.jpg Honda-Batam

Minuman bersoda. foto:batamtoday

BOSTON, batamtoday - Kekerasan dan sikap agresif kalangan remaja saat ini menurut sejumlah ilmuwan di Boston, Amerika Serikat (AS), salah satunya disebabkan konsumsi minuman bersoda. Meski belum dapat dibuktikan melalui penelitian medis, namun hasil survey yang dilakukan di negara Abang Sam itu menyatakan bahwa pemuda dengan konsumsi lima kaleng minuman soda perminggu, cenderung lebih agresif dan berperilaku brutal.

Para ilmuwan meneliti sekiat 1800 siswa SMA di Boston, tentang pengalaman mereka dengan dunia kekerasan, baik terhadap anggota keluarga, pacar hingga lingkungan sosialnya. Kemudian, peneliti menghubungkan dengan tingkat konsumsi tembakau serta minuman bersoda setiap minggu.

"Hasilnya cukup mencengangkan, prosentase mengkonsumsi minuman soda berbanding lurus dengan sikap agresifitas para relawan. Umumnya mereka yang mengkonsumsi soda dengan kadar tinggi, memiliki pengalaman kekerasan lebih besar,"kata Keith Ayoob, profesor klinis asosiasi pediatri dan perkembangan anak di Albert Einstein College of Medicine, seperti dikutip batamtoday dari Journal Injury Prevention, Selasa(25/10/2011).

Survey ini tentu saja membuat sejumlah pihak berang. Terutama para produsen minuman bersoda. Karena itu, perdebatan masih terus berlanjut, lantaran para Ilmuwan masih belum dapat membuktikan hubungan agresifitas dengan minuman soda secara klinis.