Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

RSUD Embung Fatimah Kini Miliki Poliklinik Jiwa
Oleh : Gokli/Dodo
Jum'at | 14-10-2011 | 18:41 WIB
Fadhilla.gif Honda-Batam

PKP Developer

dr Fadhilla RD Malarangan, Direktur RSUD Embung Fatimah, Batam. (Foto: Gokli)

BATAM, batamtoday - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Embung Fatimah, Batam kini sudah memiliki Poliklinik Jiwa yang dilengkapi dengan tenaga medis beserta dua dokter spesialis syaraf, yang akan diresmikan pada hari Sabtu (15/10/2011).

 

dr. Fadhilla R.D Malarangan, Kepala RSUD Embung Fatimah di ruang kerjanya menyatakan keberadaan Poliklinik Jiwa itu sebagai jawaban atas kurangnya pelayanan penderita gangguan jiwa dan gangguan emosional.

"Batam salah satu kota di Kepri yang tinggi penderita gangguan jiwa dan gangguan emosional," ungkap Fadhilla dengan nada santai kepada batamtoday, Jumat (14/10/2011).

Fadhilla mengatakan tingkat penderita gangguan jiwa mencapai 11,8 persen dari jumlah penduduk Batam untuk usia di atas 15 tahun, sementara jumlah pasien yang gangguan emosional mencapai 0,40 persen.

Tingginya tingkat penderita ngangguan jiwa dan ngangguan emosional ini dipengaruhi berbagai faktor seperti lingkungan tempat tinggal yang tidak memadai, susahnya mencari kerja, deportasi TKI dari negara asing dan juga karena pengaruh judi.

"Hal itulah yang termasuk mempengaruhi gangguan jiwa dan gangguan emosional orang di Kota Batam ini," kata Fadhilla.

Untuk menangani pasien-pasien ini, akan dibuka klinik rawat inap. Pembuatan klinik rawat inap ini akan dilakukan renovasi ringan selama dua bulan ini.

"Poliklinik ini nantinya akan menangani yang kategori ringan sementara yang kategori berat akan dikirim ke Tanjungpinang," tuturnya.