Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Herry Fakhrizal, Sosok Camat Yang Bijaksana dan Bermasyarakat
Oleh : Fredy Silalahi
Rabu | 25-01-2017 | 17:14 WIB
Camat-Siantan-Tengah,-Herry-Fakhrizal.gif Honda-Batam

PKP Developer

Camat Siantan Tengah, Herry Fakhrizal (Foto: Fredy Silalahi)

BATAMTODAY.COM, Anambas - Camat Siantan Tengah, Herry Fakhrizal, merupakan salah satu sosok pemimpin yang bijaksana dan bermasyarakat. Sejak dilantik 6 Februari 2015 lalu sebagai Camat, Herry lebih mengutamakan keinginan masyarakat.

Salah satu program yang dicetusnya yaitu, melakukan pembangunan jalan dari Desa Air Asuk menuju Pelabahun RoRo. Pasalnya, sejak diresmikannya Pelabuhan RoRo tersebut, warga kerap mengalami kecelakaan, karena kondisi jalan yang begitu licin.

"Tanpa menunggu dari Pemerintah Kabupaten, saya bersama masyarakat Desa Air Asuk bergotong royong membangun jalan itu. Karena kondisinya sangat membahayakan bila dilalui, sementara jalan itu merupakan akses masyarakat," terangnya, Rabu (25/1/2017).

Di samping itu, ia juga kerap melakukan kegiatan kesenian dan perlombaan voli atau sepakbola antar kampung. "Ini saya buat untuk menghibur masyarakat," jelasnya.

Menurutnya, berkomunakasi dengan masyarakat merupakan salah satu kunci keberhasilan memimpin. "Tanpa komunikasi, kita tidak tahu apa yang dibutuhkan masyarakat," ujarnya lagi.

Dia menyinggung, saat ini warga Desa Air Asuk masih terbatas ketersediaan air bersih dan sumber listrik.

"Saat ini warga masih kesulitan mendapatkan air bersih dan belum bisa menikmati listrik selama 24 jam perhari. Ini yang saya tegaskan kepada Pemerintah Kabupaten, agar segera dibenahi‎ dan Kecamatan Siantan Tengah ini mendapat perhatian dari Pemerintah Kabupaten," ujar mantan Kabag Humas Setdakab Anambas itu.

Dia menambahkan,‎ di tahun 2016 lalu, program peningkatan partisipasi masyarakat dalam membangun, pembinaan, dan peningkatan dalam pembangunan masyarakat dan desa hanya memiliki pagu anggaran Rp150 juta per tahunnya.

"Anggaran Rp150 juta itu, nomenklaturnya hanya untuk 4 kegiatan yang ditentukan oleh Bapeda. Namun saya bisa meminimalisir anggaran itu hingga mampu membuat 8 kegiatan, seperti peringatan 17 Agustus, Hari Kartini‎, MTQ, Hari Guru dan kegiatan besar lainnya," ujarnya mengakhiri.

Sementara pengakuan dari salah satu pegawai Kecamatan Siantan Tengah, Herry merupakan pemimpin yang akrab dengan masyarakat, serta seluruh pegawai di Kecamatan Siantan Tengah.

"Pak Herry memang pemimpin yang dekat dengan masyarakat, beliau juga bertanggung jawab penuh dalam mengemban tugasnya," ujar pegawai itu seraya meminta namanya tidak dipublikasikan.

Editor: Udin