Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Penyumbang 35 Persen APBD Karimun

IMKB Dukung Pembentukan Kabupaten Kundur
Oleh : Roni Ginting/Dodo
Sabtu | 24-09-2011 | 13:10 WIB
Kundur-2.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Suasana  salah satu sudut di Tanjungbatu, Kundur.

BATAM, batamtoday - Wacana pembentukan Kabupaten Kepulauan Kundur didukung penuh oleh Ikatan Masyarakat Kundur Batam (IMKB). Kepulauan Kundur sudah layak untuk menjadi kabupaten sendiri. Seiring dengan potensi ekonomi yang bisa dimiliki oleh Kundur jika memisahkan diri dari Karimun.

Hal itu disampaikan oleh ketua IMKB M Sahir Ibrahim dalam kegiatan halal bi halal yang dilangsungkan di Gedung Gurindam, Sekupang, Sabtu (24/9/2011).

Dijelaskannya bahwa Kundur memiliki potensi ekonomi yang besar dalam bidang pertanian dan pertambangan untuk kesejahteraan masyarakatnya. Pulau di daerah Kundur juga telah memiliki kandungan granit yang belum dieksploitasi oleh pemerintah. Jika granit tersebut sudah diekplorasi, maka akan membawa dampat pada pendapatan dan pertumbuhan pembangunan. 

"Kundur memiliki potensi untuk perkebunan dan pertambangan. Di Kundur saat ini sudah terkenal dengan durian, rambutan, dan buah-buahan. Sedangkan saat ini yang sudah dieksplorasi adalah timah," kata Sahir.

Secara geografis, Kundur juga bisa menjalin hubungan dengan Johor Malaysia dan Singapura. Kundur dan Karimun sejajar letaknya. Maka itu, saya yakin Kundur akan maju jika menjadi kabupaten.

"Padahal Kundur menyumbang 35 persen pendapatan asli daerah (PAD) untuk Karimun," tuturnya.