Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Gerindra Mulai Buka Pendaftaran Caleg Pemilu 2014
Oleh : JPNN
Senin | 01-11-2010 | 09:56 WIB

Bogor-Partai Gerindra mengambil inisiatif lebih awal untuk mempersiapkan diri menghadapi pemilu legislatif. Pada awal 2011 yang kurang beberapa bulan lagi, partai yang didirikan oleh Prabowo Subianto itu sudah membuka pendaftaran bakal calon legislatif (caleg). Nama-nama yang masuk akan diproses sebelum akhirnya diputuskan sebagai caleg tetap dari Partai Gerindra.

"Diputuskan dalam rapim, Gerindra akan menjadi partai pertama yang membuka pendaftaran calon legislatif," kata Ketua Umum DPP Partai Gerindra Suhardi dalam Temu Kader Nasional Partai Gerindra di Sentul International Convention Centre (SICC), Bogor, Jawa Barat, kemarin (31/10).

Sabtu lalu (30/10) Gerindra memang ngebut menghelat rapimnas sekaligus rakernas selama sehari di Hotel Red Top, Jalan Pecenongan, Jakarta Pusat. Melalui forum itu, Gerindra juga memutuskan menerima bergabungnya enam partai guram. Mereka adalah Partai Buruh, Partai Merdeka, Partai Persatuan Nahdlatul Ummah Indonesia (PPNUI), PNI Marhaenisme, Partai Kedaulatan, dan Partai Serikat Indonesia (PSI).

Bersama Gerindra, mereka membentuk konfederasi yang disebut Poros Amanat Penderitaan Rakyat (Ampera). Dalam ikrar, pimpinan enam parpol menegaskan kesiapan mereka memenangkan Partai Gerindra dalam Pemilu dan Pilpres 2014.

Dengan masuknya enam partai tersebut, Suhardi optimistis kekuatan Gerindra bertambah secara riil. "Sekitar 500 kursi DPRD dari enam partai tersebut ditambah dengan 637 kursi DPRD dari Partai Gerindra, itu kan sudah dua kali lipat," kata dia. Adapun di DPR, saat ini Gerindra memiliki 26 kursi. Dalam acara tersebut, Sekjen DPP Partai Gerindra membacakan struktur kepengurusan DPP. Untuk posisi elite partai, sebenarnya tidak ada perubahan. Moerdiono tetap berada di posisi ketua dewan penasihat dan Prabowo menjadi ketua dewan pembina.

Hashim Djojohadikusumo  juga tetap mendampingi sang kakak, Prabowo, sebagai anggota dewan pembina. Jabatan ketua umum masih dipegang Suhardi. Fadli Zon, Halida Hatta, dan Muchdi P.R. menjadi jajaran wakil ketua umum. Memang ada sejumlah nama baru yang masuk. Salah seorang di antaranya adalah Djamal Mirdad. Dia didapuk sebagai ketua bidang seni. Djamal kini juga duduk sebagai anggota Komisi X DPR.

Acara temu kader nasional kemarin dihelat dengan spektakuler. Dihadiri belasan ribu kader, hampir empat jam dipentaskan berbagai atraksi kesenian dari penjuru Nusantara secara kolosal. Ada aksi indah pencak silat, tari mambri (Papua), permainan calung (Jabar), rampak beduk (Banten), sampai tari saman (Aceh) oleh 150-an orang. Semuanya merupakan kelompok seni yang aktif di Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Sesudah acara, Prabowo menyampaikan bahwa rapimnas telah memutuskan memundurkan kongres Gerindra sampai pasca Pilpres 2014. Bila mengikuti jadwal, seharusnya kongres dihelat pada 2013. Menurut Prabowo, itu merupakan permintaan seluruh daerah. Pertimbangannya murni aspek manajemen organisasi dan persiapan pemilu.

"Kami kan partai baru. Kalau kongres 2013, lalu disusul konferda, kofercab, sampai konferensi ranting, apa keburu" Kami nggak akan siap menghadapi 2014," ucap dia. "Jadi, daerah telah memberikan mandat kepada saya untuk mengambil keputusan, garis partai, serta berkonsentrasi penuh dalam melakukan persiapan 2014," tegas Prabowo.