Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Busyro Akhirnya Dilantik
Oleh : Taufik
Senin | 20-12-2010 | 09:02 WIB

Jakarta batamtoday - Ketua KPK terpilih Busyro Muqaddas rencananya akan dilantik Presiden Yudhoyono di Istana Negara pukul 14.00 Senin (20/12) siang ini. Turut dilantik nantinya adalah 7 orang anggota Komisi Yudisial (KY).


Busyro Muqaddas terpilih menjadi salah seorang pimpinan KPK setelah memenangkan pemilihan dengan jumlah suara 34 dan mengalahkan Bambang Wijayanto yang hanya memperoleh 20 suara, pada fit and propertest di komisi III DPR RI pada 25 November 2010 yang lalu.

Hanya saja Komisi III DPR menetapkan Busyro hanya sebagai pengganti Antasari Azhar, dengan masa tugas sekitar satu tahun, karena hanya melanjutkan sisa masa tugas Antasari Azhar yang kini berstatus narapidana karena kasus pembunuhan.

Komisi III DPR menolak usulan Panitia Seleksi (Pansel) yang meminta agar masa tugas Busyro dapat dijalaninya penuh selama 4 tahun. Busyro sendiri adalha mantan Ketua Komisi Yudisial.

Presiden Yudhoyono rencanaya juga akan melantik 7 orang anggota KY yang baru yaitu, Eman Suparman, H Abbas Said, Iman Anshori Saleh, Taufiqurrohman, Suparman Marzuki, Jaja Ahmad Jayus dan Ibarim.