Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Semifinal Indonesia Vs Filipina

200 Juta Orang Indonesia Ikuti Pertandingan
Oleh : Tunggul Naibaho
Minggu | 19-12-2010 | 21:57 WIB

Batam, batamtoday - Pakar Komunikasi dari Universitas Indonesia memprediksi 180-200 juta orang menyaksikan laga semifinal kedua antara Indonesia Vs Malaysai yang baru berakhir malam ini di Stadion Utama Gelora Bung karno (SU GBK), dengan kemenangan Indonesia 1-0.

 

"Saya pikir bisa sampai 200 juta orang atau paling tidak 180 juta orang," ujar Effendy yang dihubungi batamtoday melalui selulernya, Minggu (19/12) sesaat seusai pertandingan Indonesia Vs Filipina.

"Dimana-mana di seluruh tanah air ada Nobar (nonoton bareng), hamp[ir di setiap kota ada kegiatan nobar. Belum lagi yang menyimak pertandingan lewat radio atau media internet," ujar Effendy.

"Yaa, saya pikir kurang-kurang dari 50 juta, jadi sekitar 200 jutaan orang Indonesia menyimak pertandingan tadi," hitung Effendy.

Menurutnya, sepakbola, benar-benar telah mampu sedikit memberikan hiburan bagi bangsa Indonesia yang belakangan ini selalu diriundung duka dan musibah.

"Untunglah ada sepakbola, jadi ada sedikit rehat bangsa Indonesia dari segala persoalan mereka sehari-hari. Apalagi dalam ajang piala AFF ini kan Indonesia memang terus dan maju ke babak final," jelas Effendi yang mengaku nonton bareng di sebuah cafe di Jakarta.

Menurut Effendi, dari sekitar 180-200 juta tidak semua menonton dari televisi, tetapi ada juga yang dari radio, dan media internet.

"Saya yakin banyak juga yang menyimak pertandingan dari radio, karena TVRI tidak menyiarkan, tetapi RRI kan menyiarkannya langsung, jadi rakyat yang berada di pelosok-pelosok pun dapat menikmatinya melalui siaran radio," ujar mantan wartawan ini,

Menurut Effendy, fenomena sepakbola sungguh luarbiasa, hanya dalam sekejap sepakbola mampu menumbuhkan rasa kebersamaan, sungguh menakjubkan.

Effendy berharap Indonesia dapat menjuarai piala AFF, setidaknya trophy dan piala kejuaraan itu dapat menjadi semacam hadiah atau hiburan bagi rakyat Indonesia di penghujung tahun ini.