Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Prediksi Perempat Final Copa America 2011

Argentina Versus Uruguay, Sama-sama Kuat
Oleh : sn
Sabtu | 16-07-2011 | 10:55 WIB
ur.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Oscar Tabarez/ AP Photo

BUENOS AIRES, batamtoday - Perempat final Copa Amerika 2011 akan berlangsung pada Minggu
(17/7) dan Senin (18/7) WIB. Tim yang akan bertarung adalah: Kolombia vs Peru, Argentina
vs Uruguay, Brasil vs Paraguay dan Chile vs Venezuela. Lalu, dalam laga Argentina versus
Uruguay, siapa bakal unggul?

Dalam fase grup, banyak kejutan terjadi. Argentina dan Brazil yang sebelumnya diprediksi tampil superior ternyata hanya sekali menang dari 3 pertandingan di fase grup tersebut. Adapun Kolombia, Chile dan Venezuela yang kurang diunggulkan, ternyata berhasil membuktikan kualitasnya.

Bagaimana peta kekuatan di babak perempat final? Sepertinya, tim-tim besar akan kembali menemukan bentuk permainannya dan di sinilah mental akan banyak menentukan. Masalahnya, dalam laga perempat final yang menggunakan sistem gugur ini, Argentina bertemu Uruguay, tim yang menjadi salah satu unggulan di Copa Amerika 2011.

Namun, pelatih Argentina Sergio Batista tak terlalu khawatir. Karena itu, dia tidak akan mengubah komposisi skuadnya secara radikal saat melawan Uruguay di perempat final.

Seperti yang ditulis di laman Goal, Jum'at (15/7/2011), Batista tidak banyak melakukan pada susunan skuad. Hanya saja, ada kemungkinan Batista akan bereksperiman dengan mencadangkan Gonzalo Higuain dan Sergio Aguero. Lalu, posisi keduanya akan diisi Carlos Tevez dan Ezequiel Lavezzi untuk menambah daya gedor Albiceleste.

Melihat permaian ciamik yang ditunjukkan para anak asuhnya saat merenggut kemenangan telak atas Kosta Rica di babak penyisihan grup A, Batista tidak akan melakukan perubahan saat meladeni perlawanan Uruguay di babak perempat final.

Sementara itu, pelatih Uruguay Oscar Tabarez sedang berpikir keras. Hanya satu hal yang menggelayuti pikirannya, yakni bagaimana menghentikan mobilitas Lionel Messi yang terkenal sulit dihentikan.
 
Kecemasan Tabarez ini dirasa memang cukup beralasan mencermati permainan Messiah yang
begitu cemerlang saat menghadapi Kosta Rika. "Dia akan menyebabkan masalah bagi kami. Itu, sebanyak yang kami inginkan, tidak akan pernah hilang,” katanya.

Namun, barangkali strategi pelatih Kolombia Hernan Dario Gomes boleh ditiru. Dia memilih menginstruksikan skuadnya fokus pada permainan terbaik. Terbukti, Kolombia mampu menahan
imbang Argentina pada laga fase pertama.

Jadi, fokus pada mengorganisasi permainan lebih penting daripada memikirkan Messi. Kalau itu yang terjadi, prediksi laga Argentina versus Uruguay adalah fifty-fifty. Sama-sama
berpeluang untuk menang. Sama-sama kuat.