Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Telur Ayam Baik Untuk Anemia
Oleh : Magid
Jum'at | 15-07-2011 | 09:53 WIB
telur-ayam-kampung-1300086193.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Telur ayam kampung

BATAM, batamtoday - Penyerapan zat besi pada penderita anemia berlangsung tidak sempurna yang salah satu penyebabnya adalah radang atau inflamasi. Menurut ahli gizi, sumber makanan yang komplet  untuk memenuhi kebutuhan zat besi sekaligus mengatasi radang penderita anemia adalah telur ayam.

Ahli gizi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Dr Saptawati Bardosono, MSc  mengatakan kandungan zat besi telur memang tidak sebanyak daging merah. Namun pada kondisi terjadinya radang baik yang kelihatan maupun tersembunyi (subklinis), telur menjadi pilihan yang bagus karena mengandung Vitamin A yang bisa meredakan radangnya.

"Vitamin A bisa kita dapatkan dalam kuning telur. Kalau zaman dulu adanya cuma telur ayam kampung, itu lebih bagus karena kuning telurnya lebih besar," ungkap Dr Tati, dikutip dari Rpo, Jum'at, 15 Juli 2011.

Dilihat dari kandungannya tersebut, Dr Tati mengatakan telur ayam paling bagus bagi penderita anemia defisiensi besi yang mengalami radang. Namun ia menganjurkan untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi telur tapi cukup 1 butir/hari, karena kuning telur juga mengandung kolesterol yang tidak baik untuk dikonsumsi terlalu banyak.

Selain itu, telur yang dikonsumsi sebaiknya dimasak terlebih dahulu. Dr Tati menjamin pemanasan tidak akan merusak kandungan vitamin A maupun zat besi, malah akan membunuh bakteri salmonella penyebab diare yang kemungkinan masih ada di dalamnya.