Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Arkeolog Temukan Jejak Tentara Cambyses
Oleh : Magid
Kamis | 14-07-2011 | 15:47 WIB
da.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Alfred dan Angelo Castiglioni, dua Arkeolog ternama di Italia. (Foto: Dscv)

ROMA, batamtoday - Berdasarkan catatan sejarawan Yunani, Herodotus, pada masa kekuasaan raja Cambyses, Putra dari Cyrus Agung, Romawi Kuno telah mengirim sebanyak 50 ribu tentara dari Thebes untuk menyerang Oasis Siwa dan menghancurkan Oracle di Kuil Amun.

Dari kisah tersebut diceritakan, 50 ribu pasukan sempat dihadang pasukan Persia di sebuah gurun pasir, mereka saling berperang dan akhirnya datang badai gurun hingga melenyapkan keduanya.

Kini, setelah 2500 tahun berselang, kisah tersebut menarik perhatian dua Arkeolog asal Italia, Alfredo dan Angelo Castiglioni. Keduanya melakukan pencarian disejumlah gurun pasir, termasuk di Gurun Sahara.

Seperti dipublikasikan salah satu media lokal Italia, Alfred dan Angelo Castiglioni mengklaim telah menemukan lokasi kuburan masal sisa peperangan ribuan pasukan Cambyses.

"Ada sejumlah bukti sisa peralatan perang yang sudah termakan usia, ada juga sisa-sisa kerangka yang membatu," ujar Alfred.

Penemuan tersebut berawal dari hipotesa yang dibuat Alfred. Ia percaya jika tentara yang dikirim Cambyses mengambil rute melalui padang pasir barat ke Gilf El Kebir, melewati Wadi Abd el Melik, dan kemudian ke arah utara menuju Siwa.

Beberapa artefak telah ditemukan di daerah ini, diantaranya belati perunggu, dan peralatan perang lainya.

Penemuan tersebut, diklaim sebagai penemuan terbesar tahun ini, karena dapat membuktikan kebenaran informasi yang ditulis Herodotus 2500 tahun lalu.