Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Striker Feyenoord Roterdam Siap Perkuat Timnas Indonesia
Oleh : Redaksi
Jum'at | 17-12-2010 | 17:18 WIB

Jakarta, batamtoday - Menjelang pergantian tahun, Timnas Indonesia dikabarkan akan mendatangkan dua pemain naturalisasi asal German dan Belanda. Meski tercatat lahir di luar negeri, Kedua pemain ini memiliki darah keturunan asli Indonesia.

Seperti diungkapkan Menteri Pemuda dan Olah Raga, Andi Mallarangeng, Timnas sedang mempersiapkan proses naturalisasi untuk kedua pemain tersebut.

"Satu adalah Kim Kurniawan. Satu lagi saya lupa namanya. Dia keturunan Maluku yang tinggal di Belanda," jelas Andi kepada para wartawan sesaat, Jumat (17/12/2010).

Satu pemain keturunan Maluku yang dimaksud Andi, sepertinya merujuk pada nama Jhon Van Beukaring, pemain yang sempat datang ke Jakarta untuk melakoni pertandingan dengan Uruguay beberapa waktu lalu. Bahkan pemain ini secara terang mengaku ke media mengenai ketertarikanya untuk bergabung dengan timnas Indonesia.

"Saya ingin mewujudkan mimpi kakek, yang memimpikan saya mamakai baju timnas Indonesia," ujar Jhon Van Beukering beberapa waktu lalu.

Namun lagi, proses naturalisasi kedua pemain ini tak kunjung beres. Akhirnya Jhon memilih untuk kembali ke Belanda. Kabar terakhir, awal Desember lalu, pemuda keturunan Maluku ini resmi dikontrak tim raksasa Feyenoord Rotterdam. Dia dipercaya menjadi striker utama di tim yang cukup disegani di benua Eropa itu.

Sementara Kim Kurniawan adalah seorang pemain sepak bola tanah air yang kini bergabung di FC Heidelsheim, sebuah klub yang berkompetisi di Verbandsliga Nordbaden Jerman (satu level di bawah divisi 3 Bundesliga). Kim Jeffrey Kurniawan masih tergolong muda karena usianya baru 20 tahun. Kim merupakan adik kandung dari kekasih Irfan Bachdim yang lebih dulu memperkuat merah putih.

Darah pesepak bola didapat Kim dari kakeknya, Kwee Hong Sing yang sempat memperkuat Persija dan Timnas Indonesia pada Era 1950an.

Kapan Kim Kurniawan resmi akan menjadi pesepakbola berkewarganegaraan Indonesia, Andi menjelaskan, ada perlengkapannya yang masih perlu diselesaikan.

"Staf saya dari PSSI dan Kim sedang melengkapinya. Baru setelah itu, dokumennya diproses lagi. Menkumham sudah menjawab, ada beberapa yang perlu dilengkapi lagi. Kami coba segera lengkapi, apakah bersedia melepaskan kewarganegaaran yang lama karena RI ini tidak bisa dimadu," ujarnya.

"Kim Kurniawan itu bapaknya orang Indonesia, cuma dia kemudian warga negara Jerman. Kalau irfan, dia adalah WNI, berpaspor Indonesia, lahir besar di luar negeri, dan dia pulang kampung untuk bela merah putih," Andi menjelaskan.

Berikut Bio Data Kim Kurniawan dan Jhon Van Beukering

Nama Lengkap    : Jeffrey Kim Kurniawan
Tempat Lahir       : Mühlacker (Kota kecil dekat Stuttgart)
Tanggal Lahir      : March 23, 1990
Tinggi Badan      : 167 cm
Berat Badan       : 60 kg
Nama Ibu           : Uschi Kurniawan
Nama Ayah        : Peter Kurniawan (WNI)
Klub        : FC Heidelsheim

Jhon Van Beukering
Nama Lengkap    : Jhon Van Beukering
Tempat Lahir    : Velp, Belanda
Tanggal Lahir    : 29 September 1983
Tinggi Badan    : 182 cm
Berat Badan    : 78 kg
Klub        : Vitesse (2000-2004), Zwole (2002-2003), De Graafschap (2004-2007), N.E.C (2007-2010), De Graafschap (2009-2010), Go Ahead Eagles (2010), Feyenoord (2010-sekarang).