Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

NasDem Kepri Libatkan Jaksa dan Polisi dalam Verifikasi Calon Kepala Daerah
Oleh : Charles Sitompul
Senin | 18-05-2015 | 17:28 WIB
nasdem-verifikasi.jpg Honda-Batam
Ketua DPW Partai NasDem Kepulauan Riau, Susilawati menyerahkan berkas bakal calon kepala daerah yang mendaftar melalui partai tersebut kepada Wakajati Kepri, Sahaputra untuk diverifikasi.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Partai Nasional Demokrat (NasDem) melibatkan unsur jaksa dan polisi dalam memverifikasi bakal calon kepala daerah, baik gubernur maupun bupati/wali kota yang akan bersaing dalam Pilkada Kepri, Desember 2015 mendatang.

Ketua DPW Partai NasDem Kepulauan Riau, Susilawati mengatakan verifikasi bakal calon dengan melibatkan jaksa dan polisi ini merupakan instruksi dari DPP partainya untuk mendapatkan figur yang bersih dari masalah hukum.

"Sebagai partai terbuka, dan menginginkan calon yang akan diusung bersih dan tidak tersandung masalah hukum dan tindak pidana, menjadi tanggung jawab moral kami dalam melakukan verifikasi pada masing-masing calon. Atas dasar instruksi DPP NasDem ini, kami meminta kerjasama Kejaksaan dan Polda Kepri, untuk melakukan verifikasi pada masing-masing bakal calon kepala daerah yang mendaftar di Partai Nasdem," kata Susilawati, Senin (18/5/2015).

Susi yang didampingi Koordinator Wilayah Kepri dari DPP Partai NasDem, Horjani Dewanti Hutagalung dan sejumlah pengurus lainnya, hasil verifikasi ini nantinya akan dikirim kembali ke DPP untuk mendapatkan rekomendasi yang nantinya didaftarkan ke KPU Provinsi dan Kabupaten/Kota.

"Kami meminta ‎kejaksaan dan kepolisian melakukan verifikasi seluas-luasnya dari segi hukum pada calon yang kami ajukan," kata Susilawati. 

Sementara, Horjani mengatakan, langkah pelibatan jaksa dan polisi dalam verifikasi bakal calon kepala daerah ini dilakukan dengan tujuan, untuk menciptakan pemerintahan yang bersih.

"Khususnya pada calon kepala daerah yang diusung Partai NasDem, dan ketika calon kita usung, tidak ada lagi timbul fitnah atas rekam jejak calon, sehingga terpilih pimpinan kepala daerah yang baik, bersih serta amanah," kata Horjani.

Menanggapi permintaan Partai NasDem, Wakil Kajati Kepri H. Sahaputra SH, menyatakan langkah parpol ini sangat positif dan dirinya akan menyampaikan hal tersebut ke pimpinan.

"Dari sifatnya, hal ini merupakan langkah positif, dan saya mewakili Kepala Kejaksaan Tinggi, menerima berkas yang diserahkan selanjutnya hal ini akan saya sampaikan kepada pimpinan," ujarnya. 

Editor: Dodo