Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tapi KPK Tidak Buka Cabang

KPK Akan Bersidang di Daerah
Oleh : Taufik
Jum'at | 17-12-2010 | 12:37 WIB

Jakarta, batam today - Komisi Pemberantasan Korups (KPK) akan hadir di daerah, melakukan pemeriksaan, penyidikan dan bersidang, namun demikian bukan berarti KPK buka cabang. Demikian dikatakan Wakil Ketua  Haryono Umar di gedung KPK, Jumat (17/12).

Mengenai aparatnya, terutama Jaksa, Haryono mengatakan akan tetap menggunakan jaksa KPK yang ada dulu, namun jika kurang, Haryono mengatakan akan berkordinasi dengan pihak kejaksaan.

Sedangkan ketika disinggung soal kantor KPK di daerah, Haryono mengatakan, akan berkordinasi dengan kejaksaan daerah.

"Kita akan siapkan kantor di daerah untuk tempat pemeriksaan," ujarnya.

Dalam hal anggaran, kata Haryono, akan terjadi peningkatan, karena melakukan penyidikan dan bersidang di daerah, pasti membutuhan anggaran tambahan.

"Anggaran tambahan sudah kita ajukan," jelas Umar.

Sementara itu Sekjen KPK, Bambang Sapto Pratomo Sunu, menampik pemberitaan yang menyebut bahwa anggaran KPK untuk tahun 2011 turun.

"Bukan turun, kita diminta melakukan efisiensi, bahkan untuk bidang penindakan, anggaran KPK naik 1 persen menjadi sekitar Rp 25 miliar," ungkap Bambang,

Bambang lalu menjelaskan bahwa pada rapat di Bogor beberapa waktu lalu, pemerintah meminta agar semua institusi penyelenggara negara melakukan efisiensi penggunaan angggaran.

"Kita lakukan efisiensi, tapi pada bidang-bidang yang lain, sedangkan pada bidang pencegahan dan penindakan tidak bisa kita lakukan efiensi, karena nanti geraknya akan lambat," jelasnya.

Adapun anggaran KPK untuk tahun 2011 ini berkisar Rp 500 miliar.