Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rossi Gunakan GP11.1 di Assen
Oleh : Dodo
Selasa | 21-06-2011 | 13:37 WIB
valentino_rossi.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Valentino Rossi. (Foto: Getty Images)

Assen, batamtoday - Pebalap Ducati, Valentino Rossi, akan menggunakan sasis Ducati yang dipersiapkan untuk musim 2012 dengan mesin 800 cc pada TT Assen, Sabtu (25/6), sebagai upaya tim untuk mengubah kekecewaan mereka musim ini.

Rossi hanya meraih satu kali podium sejauh ini sejak bergabung dengan Ducati. Kendati telah mengatakan itu terkait masalah kebugarannya setelah menjalani operasi bahu pada musim dingin, Rossi juga menegaskan bahwa motornya membutuhkan banyak perbaikan.

Bolanews merilis motor baru yang akan digunakan Rossi akhir pekan ini disebut GP11.1. Motor itu juga akan menggunakan seamless transmission system baru. Sistem dari versi Honda ini dianggap sebagai kunci dari penampilan dominan mereka akhir-akhir ini.

Dengan perubahan mesin MotoGP menjadi 1000 cc tahun depan, pabrikan diperbolehkan dengan jumlah terbatas untuk menguji desain 2012 mereka, sehingga Rossi sudah mengenal baik sasis itu meskipun ia belum diizinkan mencoba mesin 800 cc sebelum sesi latihan akhir pekan ini.

Direktur Teknis Ducati, Filippo Preziosi, mengatakan sementara GP11.1 harus dipastikan berkembang semakin baik, para teknisi tim memerlukan waktu untuk mengatasi hal itu.

"Kami memutuskan untuk membuat GP11.1 dengan mesin 800 cc dalam sasis GP12 untuk mempercepat pengembangan motor yang akan digunakan tahun depan dan juga memberikan kemungkinan dasar yang lebih baik bagi pebalap kami untuk menjalani kejuaraan musim ini," ungkap Preziosi seperti dilansir Autosport.

"Mempertimbangkan Valentino masih belum pernah mengendarai GP11.1, keputusan ini memerlukan beberapa race untuk benar-benar memanfaatkan potensinya. Namun, kami memutuskan untuk maju karena kami yakin ini langkah penting bagi proses pengembangan kami," lanjut Direktur Teknis Ducati itu.

Rossi juga mengharapan kemajuan secepat mungkin pada performa motor barunya itu. "Filippo, orang-orang di Ducati, dan tim uji coba telah bekerja sangat keras, dan itu memungkinkan kami untuk membuat langkah baru ini dengan pengembangan pada motor kami." ungkap The Doctor.

"Kami tidak memiliki kesempatan untuk menguji mesin 800 cc sejak Estoril, jadi kami akan melakukannya selama race akhir pekan ini dengan menyadari bahwa meskipun memiliki waktu yang terbatas kami harus fokus pada dua tugas, yakni membuat penyesuaian dasar untuk teknis baru dan menemukan setup menyeluruh untuk race hari Sabtu. Kami harus melakukan tugas yang baik di trek untuk mendapatkan hasil maksimal dari pekerjaan yang sudah dilakukan di pabrik," papar Rossi.

Sementara Rossi akan menggunakan sasis barunya, rekan setimnya, Nicky Hayden, tidak akan mendapatkan GP11.1 hingga race yang diadakan di Laguna Seca Juli mendatang. Namun, pebalap asal Amerika Serikat itu akan menggunakan versi upgrade step 2 dan frame 2011 sejak race di Assen.

"Sudah jelas Ducati telah bekerja keras, dan itu memotivasi saya, tim, dan semua pendukung Duvati," ujar Hayden. "Saya berharap mendapatkan GP11.1 secepatnya," lanjutnya.