Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tampil di Partai Eksebisi Starbol

Van Bronckhorst Datang ke Jakarta
Oleh : Hendra Zaimi
Selasa | 21-06-2011 | 09:03 WIB

Jakarta, batamtoday - Mantan kapten tim nasional Belanda, Giovani Van Bronckhorst sesuai agenda dijadwalkan tiba di Jakarta hari ini. Pemain berdarah Maluku ini merupakan andalan tim oranje belanda tahun 2010 lalu.

Mantan pemain Arsenal dan Barcelona ini mengawali karirnya di klub Belanda, RKC Waalwijk. Seiring dengan penampilannya yang kian matang, ia kemudian pindah ke klub-klub yang lebih elit di Eropa.

Bersama skuad tim nasional, Di tim nasional, debutnya terjadi pada Agustus 1996. Pemain yang biasa main sebagai bek kiri atau gelandang bertahan itu tampil melawan Afrika Selatan.

Di tanah Afrika Selatan pula ia memainkan partai terakhirnya bersama tim nasional. Gio yang punya ayah Indo, keturunan Indonesia Belanda, serta ibu dari Maluku berhasil membawa Belanda ke partai final Piala Dunia. Sayang Oranje akhirnya kalah dari Spanyol di partai puncak.

Pecinta sepakbola tanah air berpeluang untuk bisa menyaksikan Gio bermain. Ia dijadwalkan tampil akan tampil di laga eksebisi Starbol yang berlangsung Rabu, 22 Juni 2011, di Senayan. Van Bronckhorst akan menghadapi Bambang Pamungkas dan kawan-kawan.

Starbol adalah laga eksebisi yang digagas oleh Asosiasi Pemain Profesional Indonesia. Akan ada dua tim yang berlaga di Starbol, yakni yakni Dream Team of Indonesia (Red Team) dan International Star (White Team).

Dalam kunjungan enam hari di Jakarta, Van Bronckhorst rencananya juga akan mempromosikan Giovanni van Bronckhorst Foundation. Yayasan yang berdiri sejak 2008 itu bertujuan mendukung dan mengembangkan potensi bakat sepakbola anak-anak di berbagai negara.

Kunjungan Gio ini, seperti diberitakan Radio Netherlands Worldwide, sempat mendapat sorotan dari Republik Maluku Selatan (RMS). Mereka menilai kunjungan Gio yang juga dijadwalkan akan bertemu Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono digunakan untuk tujuan propaganda.

Juru bicara dari sang bintang sudah meyakinkan kalau sama sekali tak ada agenda politik yang menyertai kedatangannya ke Indonesia.