Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kampanye Tertutup jangan Disalahgunakan
Oleh : Ali
Selasa | 14-12-2010 | 19:45 WIB

Batam, batamtoday - Ketua Panitia Pengawas Pemilihan Umum (Panwaslu) Kota Batam, Suryadi Prabu mengatakan sebaiknya setiap pasangan Cawako saat melakukan kampanye tertutup hendaknya tidak menyampaikan visi dam misi masing-masing kandidat.



Visi dan misi yang disampaikan oleh masing-masing pasangan Cawako ketika berhadapan dengan masyarakat banyak, sudah merupakan kampanye terbuka.

"kalau sudah menyampaikan visi dan misi di hadapan ratusan masyarakat hal tersebut sudah termasuk kampanye terbuka, ini yang tidak boleh dilakukan saat kampaye tertutup," ujar Prabu.

Merujuk dari pendapat Prabu tadi, ketika kepadanya ditanyakan tentang cara berkampanye pasangan Ahmad Dahlan-Rudi saat di Bengkong Sadai,  anehnya menurut  Prabu hal itu masih masuk dalam kategori kampanye tertutup.

Padahal tim sukses Dahlan_rudi ketika itu, di hadapan ratusan warga, sambil menunjukan alat peraga kertas coblosan, agar warga setempat mencoblos nomor urut 1, yang memang menjadi nomor urut   Dahlan-Rudi.

"Itu masih masuk kategori kampanye tertutup," tambahnya.

Dalam kampaye, lanjutnya, sah-sah saja bila masing-masing dari kandidat memperkenalkan pasangan nomor urut, tetapi ada aturan dan etika dalam berpolitik yang bernar, tambahnya.