Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Uji Coba Ducati GP12

Hayden dan Rossi Puas dengan Kemajuan Ducati GP12
Oleh : Dodo
Kamis | 16-06-2011 | 12:24 WIB
Ducati.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Valentino Rossi dan Nicky Hayden di atas Ducati GP12

Mugello, batamtoday - Pekan ini dua pebalap Ducati, Nicky Hayden dan Valentino Rossi, diberi kesempatan untuk menguji coba motor yang akan mereka gunakan pada musim depan, Ducati GP12, di Sirkuit Mugello Italia. Dua pebalap itu pun puas dengan kemajuan motor yang akan mereka kendarai pada musim 2012 itu.

Situs bolanews menyebutkan Hayden terlebih dahulu melakukan uji coba Ducati GP12, Selasa (14/6) lalu. Pebalap asal Amerika itu memacu Ducatinya dengan total 83 lap di sirkuit kebanggaan Italia itu dengan kondisi sirkuit yang basah di pagi hari karena hujan yang turun Senin dini hari.

Pebalap asal Amerika Serikat itu gembira dengan perkembangan motor yang akan digunakannya pada musim 2012 itu meskipun pada awal uji coba ia mengalami kesulitan.

"Ini hari yang baik meskipun kondisi trek pagi ini tidak begitu bagus karena hujan tadi malam," ujar Hayden seperti dilansir Autosport. "Hal itu membuat kami memulai uji coba sedikit terlambat. Namun, kami melakukan setup dan beberapa perubahan baru yang dibuat untuk GP12," lanjutnya.

Hayden merasa sangat gembira ketika berhasil menyelesaikan uji coba motornya itu di atas sirkuit yang baru saja diaspal kembali. Menurutnya, perbaikan sirkuit membuat beberapa area sirkuit menjadi lebih baik dan memberi pengaruh positif dalam uji coba tersebut.

"Saya hanya mulai merasa lebih baik setelah istirahat makan siang, ketika matahari membuat kondisi trek lebih baik. Aspal baru jelas menjadi kemajuan besar, terutama di beberapa tempat seperti dua sudut Arrabbiate yang sekarang benar-benar menyenangkan," ungkap Hayden.

Pebalap yang bergabung dengan Ducati sejak 2009 itu sangat puas dan berterima kasih pada Direktur Teknis Ducati, Filippo Preziosi atas kesempatan yang diberikan padanya untuk menguji GP12. "Saya puas dengan kemajun yang dibuat pada motor ini sejak pertama kali saya mencobanya di Jerez. Terima kasih pada Filippo yang memberi saya kesempatan untuk mengendarainya lagi," ungkap Hayden.

Rossi Puji GP12

Sementara itu, Valentino Rossi baru menguji coba GP12 kemarin, Rabu (15/6). Uji cobanya ini adalah yang ketiga kalinya dan pebalap asal Italia itu memacu motornya hingga 80 lap pada sesi ini, mulai dari pukul 11.00 hingga 18.30 waktu setempat.

Franco Battaini juga beraksi kemarin dengan menguji coba GP11 dan GP 12, sementara Principal Ducati, Vittoriano Guareschi, tetap di garasi bersama Filippo Preziosi untuk membantu uji coba Valentino.

Usai melakukan uji coba, The Doctor memuji motor yang akan digunakannya musim 2012 itu dan mengatakan ia senang dengan performa mesin motor tersebut. "Ini adalah tes yang positif," komentar Rossi seperti dilansir GPone.com.

"Kami melakukan sejumlah uji coba, termasuk perubahan baru dengan sasis yang saya sukai. Saya merasa sangat baik. Saya gembira dengan performa mesinnya saat pertama mencoba. Sekarang kami juga membuat kemajuan lain pada motor tersebut," lanjut pebalap asal Italia itu.

Rossi juga memuji kondisi sirkuit Mugello yang baru saja diperbaiki. Ia mengaku sangat nyaman saat memacu motornya di sirkuit Italia itu. Selain lintasan, Rossi juga mengomentari tribun baru di Mugello dan berharap bisa segera melihatnya dipenuhi para penggemar MotoGP.

"Berkendara di Mugello selalu menyenangkan. Yang paling menyenangkan kondisi hari ini sempurna sehingga pekerjaan baik dapat kami lakukan karena saya melakukannya selama 80 lap. Saya menikmati saat saya berkendara. Pujian untuk sirkuit yang baru diperbaiki, tribun utama sangat bagus, dan tentu saja saya berharap bisa melihat Mugello dipenuhi penggemar saat lomba," ungkap pebalap berusia 32 tahun itu.

Perasaan senang tidak hanya terlihat di wajah kedua pebalap Ducati. Direktur Teknis Ducati, Filippo Preziosi, pun merasa senang, terutama karena perasaan puas yang dilihatnya di wajah para pebalap. Ia pun berterima kasih pada semua pihak, termasuk pebalap dan kru tim yang bekerja keras untuk perbaikan tersebut.

"Dengan beberapa hal menarik lainnya, saya senang bisa mengatakan kami menerima feedback yang positif. Catatan waktu per lap kali ini lebih baik daripada tes terakhir, di mana itu berarti kami bekerja dengan arah yang tepat. Terima kasih banyak kepada Valentino dan Nicky, dan semua orang di tim, dan Ducati, di mana mereka sangat berkomitmen dan bekerja sangat keras," ungkap Preziosi.