Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Investor UEA Minati Investasi Tiga Sektor di Indonesia
Oleh : Batamtoday
Kamis | 21-10-2010 | 09:13 WIB

Jakarta-Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, investor asal Uni Emirat Arab (UEA) melirik tiga sektor di Indonesia dan menjadikan prioritas pengembangan investasi negara tujuan mereka. Ketiga sektor itu adalah bidang energi, pangan dan pariwisata.

Hatta mengungkapkan UEA juga telah menandatangani kesepakatan dengan Pemerintah Indonesia dalam dua hal, yaitu di bidang hubungan luar negeri dan investasi. Untuk bidang investasi, UEA berminat menanamkan dananya pada ketiga sektor tersebut. "Mereka UEA berminat untuk investasi di sektor renewable energi termasuk gheotermal, sektor pangan, dan sektor pariwisata dengan menambah frekuensi penerbangan ke Indonesia," kata Hatta di kantor Menko Perekonomian Jakarta, Selasa (19/10).

Sementara itu, Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Marty M Natalegawa, dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, menyebutkan hubungan bilateral, terutama perdagangan Indonesia dengan UEA terus meningkat. Pada tahun 2009 perdagangan bilateral Indonesia dengan UEA mencapai US$1,55 miliar dan naik 30,7% pada periode Januari-April 2010 yang mencapai US$579 juta.

Dalam sektor investasi, selama dua tahun terakhir, paling tidak komitmen investasi UEA ke Indonesia tercatat sebesar US$11 miliar. Di samping itu, Indonesia juga membuka kesempatan bagi kalangan bisnis UEA untuk dapat tetap berpartisipasi pada Trade Expo Indonesia (TEI).

Dalam tiga tahun terakhir, sedikitnya sebanyak 350 kalangan pebisnis UEA yang berpartisipasi dalam TEI. "Pada tahun 2009, UEA merupakan pembeli terbesar ketiga dengan total transaksi sebesar US$10,28 juta," kata Menlu.