Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Perempuan Melahirkan di Atas Pesawat
Oleh : magid
Sabtu | 11-06-2011 | 08:35 WIB
spanyol.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Maskapai Iberia

Malabo, batamtoday - Perempuan penumpang pesawat Airbus A319 milik maskapai Iberia dari Malabo, Guinea Ekuatorial, Afrika melahirkan bayi perempuannya dalam penerbangan menuju Madrid, Spanyol. Bayi perempuan seberat tiga kilogram itu lahir dengan lancar dan selamat.

Demikian pernyataan resmi maskapai penerbangan Spanyol yang dikutip batamtoday dari laman resminya, Sabtu, 11 Juni 2011.

"Bayi lahir dalam penerbangan hari Kamis, pukul 1.30 GMT (8.30 WIB), hanya dua jam setelah lepas landas," kata pernyataan resmi maskapai Iberia.

Sang Ibu mungkin tidak menyangka bahwa dia akan melahirkan bayinya di angkasa di dalam sebuah pesawat terbang. Tapi, itulah yang terjadi. Namun dengan sangat kebetulan di antara penumpang ada seorang perawat, dokter anak dan dokter umum. Ketiga orang terebut yang kemudian membantu jalannya persalinan.

"Meski ada 'insiden' kecil itu, penerbangan berjalan lancar dan pilot tidak mengganti arah penerbangan pesawat," tulis laporan yang dipublikasikan BBC.

Sang ibu, yang tinggal di Madrid namun mengunjungi Malabo untuk menghadiri pemakaman kerabatnya, langsung dibawa ke rumah sakit setelah pesawat mendarat di Madrid. "Perempuan itu sangat beruntung," kata juru bicara Iberia terkait keberadaan paramedis dan dokter di penerbangan tersebut.

Bayi perempuan itu adalah bayi kelima yang lahir dalam penerbangan Iberia. Maskapai tengah mempertimbangkan 'hadiah kecil' bagi ibu dan bayinya yang baru lahir itu.

Sesuai standar, Iberia hanya bisa menyarankan namun tidak bisa melarang perempuan hamil untuk tidak melakukan perjalanan udara. Sejumlah maskapai penerbangan bahkan melarang perempuan dengan usia kehamilan di atas tujuh bulan untuk naik pesawat terbang tanpa disertai surat dokter.