Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

PPP Batam Usung Perubahan Radikal
Oleh : Ali / Dodo
Sabtu | 28-05-2011 | 17:45 WIB

Batam, batamtoday - Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Kota Batam mengusung perubahan radikal di tubuh kepengurusan partai berlambang Ka'bah itu dengan tujuan untuk mengembalikan kebesaran partai sekaligus meraih kemenangan dalam Pemilu 2014 mendatang.

"Secara nasional dan lokal, PPP ingin ada perubahan radikal dalam kepengurusan partai dan melakukan penyempurnaan manajemen internal partai ini untuk meraih kemenangan dalam Pemilu," kata M. Perwira Gatra, Sekretaris DPC PPP Kota Batam kepada sejumlah wartawan, Sabtu, 28 Mei 2011.

Perwira menjelaskan perubahan radikal itu diwujudkan dalam berbagai program jangka pendek, menengah dan panjang yang telah disusun oleh kepengurusan DPC PPP Kota Batam yang baru saja terbentuk.

Program-program tersebut, lanjut Perwira, lebih banyak bersifat konsolidatif internal hingga ke Pengurus Anak Ranting maupun pembenahan manajemen dan administrasi partai.

"Setelah konsolidasi dan pembenahan manajemen partai bisa maksimal, maka kita akan menargetkan peningkatan perolehan kursi di DPRD Kota Batam pada Pemilu mendatang," tambah Perwira.

Sementara itu, Muchlis Jamal, Ketua DPC PPP Kota Batam mengatakan sebagai partai yang dilahirkan oleh kalangan ulama, PPP senantiasa akan konsisten memosisikan dirinya sebagai partai Islam.

"Target pemilih dari PPP adalah umat Islam. Kita akan mencoba serius menggarap potensi kalangan Muslim di Batam yang saat ini mencapai 74,7 persen dari jumlah penduduk di kota ini," kata Muchlis.

Dalam menggarap target pemilih, lanjut Muchlis, PPP hanya akan concern terhadap pemilih potensial yang secara tradisional memiliki kedekatan ideologis dengan partai ini.

"Tidak semua kita garap, namun jika kita mampu memaksimalkan minimal 20 persen dari prosentase penduduk Muslim di Batam, kita yakin akan mampu meningkatkan perolehan suara maupun kursi di legislatif," kata dia.

Untuk mewujudkannya, lanjut Muchlis, langkah yang akan diambil elit DPC PPP Kota Batam adalah lebih memaksimalkan peran pengurus di akar rumput, khususnya Pimpinan Anak Cabang, Ranting maupun Anak Ranting mengingat kalangan inilah merupakan garda terdepan partai dalam meraih kepercayaan pemilih yang akan memberikan suara bagi PPP.

Selain itu, Muchlis juga menyebutkan kepengurusan DPC PPP Kota Batam kali ini juga akan lebih solid dibanding sebelumnya karena diisi oleh sumber daya manusia yang memiliki komitmen untuk membesarkan partai.

"Tidak ada ruang bagi pengurus yang ingin hidup dari partai, kepengurusan kali ini merupakan kumpulan orang yang ingin menghidupi partai. Inilah salah satu perubahan radikal yang diusung," tegas Muchlis.

Untuk menjalankan berbagai program yang telah tersusun, Muchlis mengatakan setidaknya dibutuhkan dana operasional mencapai Rp16 juta per bulannya yang merupakan sumbangan dari pengurus, kalangan legislatif asal PPP serta sumber-sumber dana lain yang bersifat tidak mengikat.

Kepengurusan DPC PPP Kota Batam periode 2011-2016 telah mengantongi surat keputusan dari DPW PPP Provinsi Kepulauan Riau pada 7 Mei 2011 lalu sebagai dasar hukum untuk menjalankan aktivitas partai.

Adapun kepengurusannya terdiri dari Muchlis Jamal sebagai ketua, M. Perwira Gatra menduduki jabatan sekretaris dan Riswandi memegang amanah sebagai bendahara dengan didukung kepengurusan di 11 Pimpinan Anak Cabang di 11 kecamatan.

Sedangkan satu kepengurusan PAC di Kecamatan Sagulung belum terbentuk karena Surat Keputusan DPC PPP Kota Batam hingga saat ini belum turun.