Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Dorong Minat Baca Siswa, SMAN 2 Tanjungpinang Luncurkan 'Gemar Membaca'
Oleh : Habibi
Kamis | 09-01-2014 | 14:55 WIB
encik_abdul_hajar.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kepala SMA negeri 2 Tanjungpinang, Encik Abdul Hajar.

BATAMTODAY.COM, Tanjungpinang - Berawal dari rendahnya minat baca siswa di Indonesia, SMA Negeri 2 Tanjungpinang akan meluncurkan program "Gemar Membaca", Jumat besok (10/1/2014). Menurut Kepala SMA Negeri 2 Tanjungpinang, Encik Abdul Hajar, program ini diluncurkan untuk memacu dan melatih siswa agar gemar membaca.

"Dengan diluncurkannya program ini, kita akan mewajibkan siswa untuk membaca minimal dua eksemplar buku dalam satu semester. Terobosan ini saya ambil untuk melatih siswa saya agar gemar membaca, karena buku itu adalah gudang ilmu," tutur Encik, kepada BATAMTODAY.COM, melalui telepon, Kamis (9/1/2014). 

Encik menambahkan, ada apresiasi dan sanksi bagi siswa yang telah menyelesaikan dan tidak menyelesaikan tugas itu. "Sanksinya adalah akan ada nilai yang kita kurangi sehingga nantinya akan ada pelajaran yang tidak tuntas. Selain itu akan ada apresiasi bagi siswa yang selesai membaca. Hal ini kita lakukan semata-mata untuk anak, karena masa depan nantinya bergantung pada apa yang mereka laklukan hari ini," jelas mantan Kepala SMA negeri 1 Tanjungpinang ini. 

Buku yang dibaca dianjurkan buku-buku nonfiksi, bukan novel atau kumpulan cerpen. Hal ini juga sesuai dengan implementasi Kurikulum 2013 yang lebih mendorong siswa untuk lebih aktif.

"Jadi, program ini juga sebagai implementasi dari Kurikulum 2013," terang Encik.

Kegiatan ini nantinya akan dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, Dadang AG, dan bekerja sama dengan Perpustakaan Kota Tanjungpinang juga Provinsi Kepulauan Riau. (*)

Editor: Roelan