Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Politeknik Negeri Batam Lakukan Kunjungan Studi ke BP Batam
Oleh : Roni Ginting/Rilis
Rabu | 20-11-2013 | 10:34 WIB
Kunjungan_Studi_Mahasiswa_Poltek_ke_BP_Batam.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Kunjungan mahasiswa Poltek Batam ke BP Batam.

BATAMTODAY.COM, Batam - Sebanyak 110 orang mahasiswa Politeknik (Poltek) Negeri Batam program studi Diploma IV Administrasi Bisnis melakukan kunjungan studi ke Badan Pengusahaan (BP) Batam, Selasa (19/11/2013).

Kunjungan para mahasiswa Poltek Negeri Batam yang dipimpin oleh Shinta Wahyu Hati, M.AB adalah dalam rangka studi pengembangan bisnis khususnya di Pulau Batam dan untuk pengembangan wawasan para mahasiswa terkait dengan peran Batam sebagai kawasan perdagangan bebas dan pelabuhan bebas Batam.

Kabid Pengusahaan TIK, Wisnu Anggoro menjelaskan mengenai IT Center BP Batam, dimana visi IT adalah mewujudkan pemanfaatan teknologi informasi demi menunjang visi dan misi BP Batam.

"Gedung IT Center BP Batam dilengkapi dengan berbagai keamanan untuk menjaga data agar tidak tersadap oleh pihak lain. Data Center juga melayani Disaster Recovery," ujar Wisnu.

Sedangkan Kepala Seksi Rencana dan Sarana Pemasaran, Djohan Effendy, SE menjelaskan kepada para mahasiswa mengenai proyek pembangunan serta infrastruktur yang sudah dibuat oleh BP Batam, mulai dari beberapa fasilitas sosial, BP Batam bekerjasama dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

"Termasuk membangun berdirinya Poltek Negeri Batam," kata Djohan.

Pada kesempatan diskusi dan Tanya jawab, Kasubdit Humas dan Publikasi, Ilham Eka Hartawan, menjelaskan pengendalian black market melalui Sistem Informasi Keluar Masuk Barang (SIKMB), sehingga penyelundupan barang dapat kemungkinannya akan lebih kecil. Selain itu BP Batam juga telah melakukan kerjasama dengan Polri untuk mencegah penyelundupan barang ke Batam maupun ke luar Batam.

"Sedangkan untuk keamanan data dan arsip yang ada di IT Center BP Batam, sangat aman dan terjamin, dan tidak ada pengaruhnya dengan Negara lain. IT Center telah bekerjasama dengan Lembaga Sandi Negara (LAN), agar pihak lain tidak bisa menyadap data yang ada," katanya.

Editor: Dodo