Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Turunkan Pemain Muda, Barca Tumbang
Oleh : Redaksi/TN
Sabtu | 30-04-2011 | 03:26 WIB

Sociedad, batamtoday - Menyusul tumbangnya Real Madrid di tangan Real Zaragoza,  Barcelona juga takluk ketika bertamu ke kandang Real Sociedad dengan skor 2-1., Minggu 1 Mei 2011.

 

Dalam pertandingan di Anoeta itu, pelatih Barca Pep Guardiola menurunkan beberapa pemain mudanya yakni, Martin Montoya, Fontas, Thiago Alcantara, dan Jeffren Suarez sebagai starter.

Barca menutup babak pertama dengan keunggulan satu gol. Thiago mencetak gol keduanya di Liga Spanyol musim ini.
   
Pada babak kedua, keadaan menjadi berbalik, pemain-pemain Sociedad bangkit dan mampu mencetak dua gol lewat Diego Ifran dan penalti Xabi Prieto.

Kekalahan ini tak mengubah posisi Barca di puncak klasemen sementara Liga Spanyol dengan nilai 88 poin dari 34 laga.

Lionel Messi mengancam saat laga berjalan empat menit. Sundulan Seydou Keita dia teruskan dengan tendangan voli dari luar kotak penalti. Namun, bola belum mengarah ke gawang.

Gawang Barca nyaris bobol pada menit ke-15. Mendapat umpan dari Antoine Griezmann, Raul Tamudo melepaskan tembakan dari jarak dekat sambil menjatuhkan diri. Hasilnya? Masih tipis di samping gawang.

Thiago Alcantara membawa Barca unggul pada menit ke-29. Memanfaatkan operan Messi, pemain 20 tahun ini mencungkil bola belawati kiper Sociedad, Claudio Bravo. Kedudukan 1-0 untuk keunggulan Barca bertahan hingga babak pertama usai.

Pada awal babak kedua, Barca mencoba menambah gol. Tendangan bebas Messi pada menit ke-51 masih mudah dijinakkan oleh Bravo.

Sociedad tak mau menyerah begitu saja. Upaya mereka mencari gol penyama masih kandas pada menit ke-61 setelah tembakan Tamudo dari depan kotak penalti bisa digagalkan Jose Pinto dengan kakinya.

Barca mendapat peluang bagus beberapa menit kemudian. Dari sebuah serangan balik, Messi menyodorkan bola kepada Jeffren Suarez. Sial bagi Jeffren, sepakannya masih bisa dibendung oleh Bravo.

Usaha keras Sociedad untuk menyamakan kedudukan membuahkan hasil pada menit ke-71. Memanfaatkan umpan Vadim Demidov, Diego Ifran yang baru dua menit berada di lapangan menyontek bola melawati hadangan Pinto. Skor sama kuat 1-1.

Barca sempat mencetak gol pada menit ke-77 lewat sundulan Gabriel Milito. Namun, wasit menganulirnya karena Milito sudah dalam posisi offside.

Petaka untuk tim tamu terjadi lima menit kemudian. Pelanggaran Javier Mascherano terhadap David Zurutuza di area terlarang menyebabkan wasit menunjuk ytitik putih.  dan Xabi Prieto mampu mengeksekusi bola menjadi gol. Kedudukan 2-1 bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain:

REAL SOCIEDAD: Bravo; Carlos Martinez, Gonzalez, Demidov, Estrada; Rivas (Zurutuza 69'), Markel Bergara (Urkola 89'), Griezmann, Aranburu; Xabi Prieto, Tamudo (Ifran 69')

BARCELONA: Pinto; Montoya (Alves 14'), Pique (Mascherano 63'), Milito (Busquets 77'), Fontas; Keita, Xavi, Thiago; Jeffren, Messi, Afellay