Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Tak Ingin Disalahkan, Kemenag Akan Percepat Penyaluran BSM
Oleh : Redaksi
Selasa | 24-09-2013 | 17:57 WIB

BATAMTODAY.COM, Bandung - Penyaluran dana bantuan siswa miskin (BSM) dilingkungan Kementerian Agama (Kemenag) akan dipercepat. Seluruh Kabid Pendidikan Islam di setiap kantor Kemenag telah dikumpulkan dalam rapat koordinasi di Bandung, Senin, untuk mempercepat realisasi bantuan.


"Instruksi langsung dari Wapres agar Kemenag melakukan rapat koordinasi kepala bidang madrasah seluruh Indonesia yang nanti tanggal 30 akan dilaporkan kembali," kata Direktur Pendidikan Madrasah, Kemenag, Nur Kholis Setiawan, saat membuka acara,  seperti dirilis pada laman kementerian.

Dia memaparkan, pasca-diterbitkannya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 81 Tahun 2012 tentang Belanja Bantuan Sosial pada Kementerian Negara/Lembaga, penyaluran BSM ternyata cukup merepotkan karena harus diserahkan langsung kepada siswa penerima.

"(Padahal) data tahun lalu penyaluran BSM mencapai 1,8 juta siswa,” ujarnya.

Untuk itu, Kemenag juga akan mendatangkan narasumber dari Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) pada kegiatan tersebut agar para peserta yang terdiri dari Kabid Madrasah dan para Kasubag Perencanaan Kanwil Kemenag Provinsi memperoleh penjelasan yang utuh terkait penyaluran BSM.

"Jangan sampai kita sebagai pihak yang selalu dipersalahkan," tukasnya. (*)

Editor: Dodo