Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Kuartal Pertama, Keuntungan Yahoo Turun 28 Persen
Oleh : Nurfahmi
Kamis | 21-04-2011 | 11:45 WIB
yahoo_office.24185755_std.jpg Honda-Batam

PKP Developer

Markas Yahoo di Sunnyvale, California.

California, batamtoday - Managemen perusahaan internet, Yahoo mengalami penurunan pendapatan sebesar 28 persen dalam kuartal pertama 2011 ini. Jika tahun 2010 lalu perusahaan yang bermarkas di Sunnyvale, California, ini memperoleh keuntungan sebesar USD 310 Juta, maka tahun ini pada kuartal yang sama tercatat hanya USD 223 juta. 

Chief executive Yahoo, Carol Bartz's, Kamis 21 April 2011, mengatakan, rendahnya keuntungan Yahoo akibat dari penundaan terhadap alih tehnologi kerjasama dengan Microsoft. Sebelumnya Yahoo memang berencana melakukan kerjasama dengan raksasa perangkat lunak "Microsoft" untuk mengembangkan sistem pencarian yang dapat mendongkrak jumlah peng klik iklan.

"Kami belum melunasi pembayaran alih sistem tersebut, sehingga sistem rool-out masih tertahan. Tapi secepatnya akan diupayakan," ujar Carol Bartz's.

Menurut Carol, dalam tiga bulan kedepan, Yahoo akan membuat kemajuan dalam upaya untuk memperluas pasar internet terutama yang menggunakan aplikasi mobile. Tidak hanya itu, Yahoo juga akan melirik iklan video di internet.

"Kami melanjutkan program pengembangan ini sesuai jadwal, dan kami sangat yakin Yahoo adalah menuju ke arah yang lebih baik," tegas Carol.

Sementara itu, Steve Weinstein, analis pada Pacific Crest Securities, mengatakan ada tanda-tanda perbaikan di Yahoo. Pantauan di pasar saham Wall Street, sepekan terakhir harga saham Yahoo mengalami peningkatan 3,5 persen.

"Pertumbuhan dalam bisnis layar mereka, ketika anda mengupas semuanya kembali, terus untuk terlihat bagus," katanya.