Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bahaya Diet Saat Hamil

Obesitas Anak Dipengaruhi Pola Hidup Ibu Saat Hamil
Oleh : Nurfahmi
Selasa | 19-04-2011 | 15:41 WIB

London, batamtoday - The British Heart Foundation membuat penelitian mengenai perubahan gen pada anak sejak didalam kandungan. Ternyata obesitas pada anak di usia enam sampai sembilan tahun, lebih dipengaruhi oleh gaya hidup orang tuanya pada saat hamil.

Diketahui, perempuan yang melakukan diet sewaktu hamil, beresiko tinggi melahirkan anak yang akan menderita obesitas atau kegemukan.

Demikian publikasi jurnal Diabetes yang dikutip batamtoday, Selasa 19 April 2011.

"Pola makan ibu selama kehamilan dapat mengubah DNA anaknya dan meningkatkan resiko obesitas," kata Profesor Keith Godfrey dari Universitas Southampton yang memimpin penelitian.

Menurutnya, bayi semenjak didalam kandungan dalam perkembanganya mampu melakukan penyesuaian dengan kondisi ibunya, termasuk perubahan epigenetik.

Dalam penelitian tersebut, profesor Keith mengambil contoh pada hewan. Studi pada hewan telah menunjukkan adanya perubahan genetika yang dipengaruhi pola makan. Untuk menambah akurasi penelitian, para ahli mengambil sampel dari tali pusat dan mencari "penanda epigenetik". Mereka kemudian menunjukkan hubungan kuat antara tanda yang sama dan obesitas anak-anak pada usia enam dan sembilan tahun.

"Kami menyimpulkan, berat lahir tidak tergantung pada seberapa kurus atau gemuk ibu itu. Melainkan pola hidup, termasuk diet," ujar Profesor Keith Godfrey.