Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

BPR Dana Mitra Utama Fokus Pengembangan Usaha Mikro
Oleh : Sumantri
Selasa | 19-04-2011 | 12:52 WIB
Peresmian-BPR-Dana-Mitra-Ut.gif Honda-Batam

PKP Developer

Komit UMKM - BPR Dana Mitra Utama resmi beroperasi di Batam dengan menjadikan kalangan UMKM sebagai sasaran pasar. (Foto: Sumantri)

Batam, batamtoday - PT Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Dana Mitra Utama, resmi beroperasi pada hari ini, Selasa, 19 April 2011. Peresmian dilakukan oleh jajaran direktur, komisaris utama dan Pimpinan Bank Indonesia Batam, untuk wilayah kerja Kepulauan Riau, Elang Tri Praptomo.

Pertumbuhan industri dan bisnis di Batam dalam lima tahun terakhir, tercatat sangat signifikan hampir di semua sektor, tak terkecuali perbankan. Sampai saat ini laju pertumbuhan perbankan, baik umum maupun BPR tumbuh sangat menggembirakan. Bank Indonesia, selaku induk perbankan di Indonesia, mencatat khusus untuk Bank Perkreditan Rakyat di Kepulauan Riau ada 38 unit BPR, yang beroperasi dengan rata-rata membidik usaha mikro (UMKM).

"Pesatnya perkembangan berbagai industri di Kepulauan Riau khususnya di Batam, memicu bisnis perkembangan sektor perbankan, baik bank umum maupun BPR, untuk confident menerapkan prinsip prudent banking dalam menggaet nasabah, di Batam sampai saat ini telah ada 28 unit BPR, dengan pertumbuhan yang sebaik ini, diharapkan dapat menjadi motor utama kemajuan industri mikro atau UMKM di Batam khususnya, dengan memperhatikan kaidah perbankan yang telah ditetapkan," ujar Elang Tripraptomo, Pimpinan BI Batam, dalam pidato sambutanya, pada peresmian BPR Dana Mitra Utama.

Pada lain pihak, Direktur BPR Dana Mitra Utama, Susanto, menerangkan komitmen BPR Dana Mitra Utama dalam mendukung sektor mikro dengan penetrasi kredit konsumsi, modal kerja dan kredit serbaguna dengan mekanisme yang memihak pada sektor UMKM.

"BPR Dana Mitra Utama, memiliki segmentasi nasabah yang memiliki jenis usaha potensial, dengan persyaratan yang sangat pro UMKM,"  tegas Susanto.

Optimisme BPR Dana Mitra Utama dalam menyasar target pasar dari penetrasi kredit didukung oleh pengalaman para jajaran eksekutif di bidang perbankan khususnya BPR, yang telah lama berkecimpung di sektor perbankan.

Berbagai layanan konvensional perbankan bisa dimanfaatkan oleh masyarakat dan komitmen keberpihakan BPR Dana Mitra Utama terhadap sektor mikro diharapkan dapat membantu menggairahkan sektor mikro.