Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Jangan Anggap Remeh Pergelangan Tangan Anak Besar Sebelah
Oleh : Redaksi/TN
Jum'at | 15-04-2011 | 14:53 WIB

Roma, batamtoday - Apakah anda salah satu orangtua yang sering memperhatikan bagian tubuh anak anda? Coba anda perhatikan pergelangan tangannya, apakah sama besar atau ternyata besar sebelah? Berdasarkan studi Universitas Sapienza Roma, Italia, ukuran pergelangan tangan anak dapat digunakan untuk mendeteksi penyakit jantung.

Penelitian yang dilakukan menunjukkan, pergelangan tangan anak yag lebih besar menjadi pertanda tingginya resistensi terhadap insulin. Ini merupakan salah satu dampak yang dapat mendorong gejala penyakit jantung di masa mendatang.

Dalam penelitian tersebut 500 anak yang memiliki berat badan yang berlebihan dilibatkan. Penelitian menggunakan alat pendeteksi MRI (Magnetic Resonance Imaging), para peniliti mencatat ukuran pergelangan tangan seluruh partisipan, dan anak yang memiliki wilayah tulang lebih besar cenderung memiliki tingkat resistensi insulin lebih besar sebanyak 20 persen.

Pengukuran lebar pergelangan tangan ternyata juga dapat memperlihatkan tingkat kelebihan lemak pada tubuh anak, yang ikut mempengaruhi tingkat resiko penyakit jantung. Penelitian ini dipublikasikan di Journal of American Heart Association.

Dr.Marco Capizzi, selaku peneliti, mengatakan bahwa penilitian ini akan diteruskan dengan memeriksa hubungan antara ukuran pergelangan tangan dan resistensi insulin pada anak yang mempunyai berat badan yang sehat. Ini dilakukan demi mempermudah dokter mendeteksi resiko penyakit jantung sejak usia dini.

Walaupun demikian, hasil penelitian ini masih harus dikembangkan lebih jauh. Karena, tubuh anak berubah cepat selama masa pertumbuhannya, dan berarti para dokter harus merancang metode yang lebih akurat lagi.

"Dan kami berharap agar bisa kembali meneliti lebih lanjut seberapa pentingnya ini menentukan masa depan anak dan kami juga akan meneliti anak-anak yang memiliki berat badan normal," ucapnya seperti dilansir dari Daily Mail.