Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Peluncuran Jeep Cherokee Ditunda
Oleh : Redaksi
Rabu | 31-07-2013 | 08:33 WIB

DETROIT - Chrysler Group menunda jadwal media drive untuk Jeep Cherokee 2014 yang direncanakan bulan depan. Namun, Chrysler tetap menjamin jika SUV ini akan tetap muncul di showroom pada September.

Acara media - di mana wartawan nasional dan asing berkumpul di Seattle antara 8 dan 14 Agustus untuk menjajal Cherokee pertama kalinya - ditunda sampai setidaknya paruh pertama bulan September, menurut sebuah email dari pembuat mobil itu, sebagaimana dikutip di laman AutoWeek, Selasa (30/7/2013). 

Melalui email tersebut, pihak Chrysler beralasan, penundaan itu terkait dengan proses pembenahan kualitas dan pengujian daya tahan serta peningkatan kalibrasi tenaga mobil.

"Kami akan memperkenalkan kendaraan untuk media dan konsumen secepatnya setelah proses selesai," kata pihak Chrysler dalam sebuah pernyataan tertulisnya.

Jeep Cherokee mid-size yang digadang-gadang sebagai pengganti Jeep Liberty ini adalah jeep pertama yang menggunakan platform Fiat, sekaligus memperkenalkan sebagai kendaraan pertama yang menggunakan transmisi otomatis 9 kecepatan yang dikembangkan Chrysler dari pemasok Jerman, ZF Friedrichshafen.

Cherokee ini dibackup dengan mesin I-4 2,4 liter atau pengembangan dari mesin V-6 3,2 liter. Awalnya, Cherokee akan diproduksi mulai 23 Mei. Sebaliknya, Jeep Brand Head Mike Manley mengatakan, mobil ini baru diproduksi pada 24 Juni di kompleks perakitan mobil Toledo.

Manley menegaskan, SUV ini tidak akan dikirim ke dealer sampai perusahaan yakin tidak ada cacat produksi. Namun dia memperkiraka, Cherokee baru akan tersedia untuk konsumen sekitar Agustus atau September, dan tergantung jadwal peluncurannya.

Salah seorang pejabat di pabrik Toledo malah berharap, lebih dari 400 Cherokee dijual per hari pada awal Agustus dan bisa diproduksi lagi pada akhir Agustus.

CEO Chrysler, Sergio Marchionne, pun harus 'blusukan' ke pabrik perakitan Toledo, Kamis lalu, untuk memastikan kesiapan peluncuran Cherokee. Namun, kunjungan tersebut tidak terbuka untuk media dan tidak diungkapkan sampai pengecekan itu selesai.

Kabarnya, all new Jeep Cherokee 2014 akan dijual dengan harga terendah mulai 23.900 dolar AS atau sekitar Rp238,3 juta dan harga termahal 30.990 dolar AS  atau Rp 339 juta akan diberikan untuk varian all new Cherokee Limited 4×4. (*)

Editor: Dodo