Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

China Gantikan AS untuk Penjualan BMW
Oleh : Dodo
Jum'at | 12-07-2013 | 09:09 WIB

BEIJING - China mungkin akan melampaui Amerika Serikat sebagai top national market pada tahun 2013 sebagai merek yang dapat diterima banyak komunitas serta meraup pembeli terbesar untuk sedan seri 5. Pengiriman ke Cina melampaui penjualan perusahaan di AS pada semester pertama, dan diprediksi akan naik sekitar 10 persen di tahun ini. 

"Pertumbuhan yang kuat di masa depan akan datang dari kota-kota kecil, dan pertumbuhan yang kuat juga akan datang terutama dari wilayah barat," kata Karsten Engel, bos BMW di China, seperti yang dilansir autonews.com.

"Ada 100 kota dengan lebih dari satu juta penduduk di China tanpa diler mobil premium sama sekali. Ini menunjukkan potensi besar yang kita alami di negara ini," katanya dalam sebuah wawancara di Beijing.

Peneliti Nielsen memperkirakan, 68 persen dari pembeli mobil potensial di China dalam 12 bulan ke depan akan datang dari penduduk kota-kota yang lebih kecil.

BMW, yang bersaing dengan Audi dalam penjualan kendaraan mewah di China dan melampaui pesaingnya itu - setidaknya dalam tiga tahun terakhir -  melaporkan kenaikan pengiriman 40 persen pada 2013 terhadap keuntungan 30 persen Audi.

Kata Engel, BMW sendiri tak peduli dengan langkah produsen premium lainnya seperti Cadillac dan Jaguar Land Rover, yang menggenjot produksi dan kapasitasnya di Cina. "Kami menikmati kompetisi," katanya. "Kami selalu tumbuh dengan persaingan."

Babak pertama penjualan BMW di China melonjak 15 persen menjadi 182.800 unit mobil dan kendaraan sport, termasuk pengiriman merek Mini. Sementara penjualan di AS hanya naik 9 persen sebesar 172.787 unit.

Babak pertama penjualan merek BMW di China, yang meningkat 16 persen menjadi 170.730 unit , menjadi rekor terbesar pada  periode tersebut. Seri 5, BMW model terlaris di negeri ini, mencatat kenaikan 28 persen.

Sementara Audi melaporkan peningkatan 18 persen dalam penjualan Cina untuk 228.139 unit mobil dan SUV pada periode ini, termasuk di Hong Kong. Segmen mobil premium di China mungkin akan meningkat 7 persen tahun ini, kata Engel.

Dia menambahkan, rencana pertumbuhan BMW akan fokus pada penambahan lebih dari 60 dealer pada tahun ini untuk menutupi seluruh provinsi di China. Jaringan distribusi di dalam negeri mencapai 360 outlet pada akhir tahun lalu.

Menurut riset IHS Global Insight, Audi menyumbang 29,6 persen dari penjualan kendaraan mewah di China pada tahun 2012, sementara BMW memiliki 23,6 persen pasar dan merek Mercedes-Benz memiliki 20,6 persen. (*)

sumber : autonews.com