Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Matahari Investasi 20 M dan Pekerjakan 450 Orang
Oleh : Ali
Jum'at | 03-12-2010 | 17:23 WIB

Batam, batamtoday - PT Matahari Department Store Tbk. (MDS) menginvestasikan dana Rp 17 - 20 miliar untuk membangun gerai ketiga di Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Gerai ketiga tersebut mulai beroperasi 3 Desember 2010 di Kepri Mall, dan menyerap pekerja sebanyak 450 orang dan menjalin kerjasama dengan 1200 pemasok.



Director of Corporate Secretary, Communication, and Legal MDS, Miranti Hadisusilo mengatakan kehadiran gerai Matahari di mall terbesar di Batam ini tidak terlepas dari besarnya potensi pasar Batam. Bahkan harapnya, dapat menarik pasar Singapura dan Malaysia yang melancong ke Batam, mengingat harga ritel di Indonesia lebih kompetitif dibandingkan kedua negara itu. Ketiga gerai Matahari yang ada di Batam mempekerjakan sebanyak 1.300 pekerja.

Senada dengan Miranti, Store Operation Director MDS, Sunny Setiawan menilai perekonomian Batam saat ini tumbuh dengan baik, sehingga pasar ritel pun diyakini menjanjikan.

“Kami akan mendorong pasar dengan diskon hingga 70 persen,” ujarnya pada Konferensi Pers Pembukaan Gerai Matahari Department Store ke 94 di Indonesia pada Jum’at 3 desember 2010 di Kepri Mall, Batam.

Karena itu MDS tidak berniat menutup dua gerai Matahari lainnya di Batam, yaitu di Mega Mall dan Nagoya Hill. Bahkan MDS membenahi penampilan kedua gerai itu. Apalagi kehadiran Matahari telah ikut mendorong kegiatan ekonomi di wilayah sekitar pertokoan dan ikut menyemarakkan program Visit Batam 2010. Sebaliknya, Matahari juga merasakan dampak yang signifikan dari Visit Batam 2010.

Sementara itu, President & COO PT MDS, Michael Remsen mengatakan gerai ketiga ini memiliki suasana belanja yang nyaman, dengan lighting yang lebih eksklusif dan area belanja yang sangat luas lebih dari 7.000 m2. Sehingga gerai ini adalah yang terluas dibanding gerai-gerai MDS yang ada di Batam.

“Kami optimistis terhadap potensi Batam yang tinggi dan sangat baik, dimana Matahari Department Store sudah berada di Batam lebih dari 10 tahun”, ujar Michael.

Dia menambahkan, MDS akan terus melanjutkan komitmennya untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggannya. Berdasarkan data keuangan sampai dengan triwulan III/2010 (unaudited), total penjualan PT Matahari Department Store Tbk mencapai Rp 6,112 triliun. Sementara laba kotor dan laba bersih masing-masing Rp 2,042 triliun dan Rp 504 miliar.


Sekilas Matahari Department Store

Matahari Depatment Store adalah department store yang pertama dan terbesar di Indonesia, yang saat ini mengoperasikan 94 gerai yang tersebar di 40 kota di seluruh Indonesia. Matahari memberikan fashion trend  terakhir untuk kategori pakaian dan mode, serta produk-produk kecantikan dan barang-barang keperluan rumah tangga lainnya. MDS sangat bangga atas dukungannya terhadap perekonomian Indonesia dengan mempekerjakan lebih dari 40.000 karyawan dan ber-partner dengan 1.200 vendor lokal.