Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Miing Minta Para Artis Baca Bukunya sebelum Jadi Caleg
Oleh : si
Kamis | 18-04-2013 | 17:51 WIB

JAKARTA, batamtoday - Ingat Bagito Grup pasti ingat dengan Mi'ing, Didin dan Unang. Dari ketiga komedian itu, Miing-lah yang berhasil menjadi anggota DPR RI sejak 2009 lalu.

Kamis (18/4/2013) di DPR RI Jakarta Mi'ing yang bernama lengkap Tubagus Dedi S Gumelar meluncurkan buku  yang berjudul Terbukti Bisa, Lompatan Dedi Mi'ing Gumelar ke panggung politik.

Kenapa ada kata 'lompatan', karena Mi'ing takkan lagi mencalonkan lagi sebagai caleg dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) pada pemilu 2014. "Saya diperintahkan untuk calon walikota Tangerang,"kata Mi'ing dalam acara peluncuran bukunyabersama, pengamat politik UI, Andrinof Chaniago dan Ketua Formappi, Sebastian Salang.

Buku tersebut bukanlah karya Mi'ing, tetapi merupakan tesis penulis, Teguh Iman Perdana yang mengambil program master di UI yang kajian tentang kinerja Mi'ing di parlemen Komisi X DPR RI.

Mi'ing membenarkan ketika 2009 masuk ke politik baginya  sebuah tantangan. "Tantangannya ketika saya masuk bersama sejumlah artis ke DPR RI persis ditengah ketidakpercayaan publik dengan politisi berasal dari selebritis,"ungkapnya.

Namun Mi'ing sebagai anggota DPR RI mendapat kenikmatan yang sulit dilukiskan, ketika perjuangan yang dilakukannya berhasil diwujudkan dengan berdirinya sekolah kejuruan di dapilnya di Provinsi Banten. Apalagi sebagai anggota DPR RI ada dua legislasi yang diikutinya yakni UU No 10 tentang Cagar Budaya dan  UU No 12 Thn 2012 ttg Perguruan Tinggi.

"Setelah UU Cagar Budaya berlaku, ironisnya  banyak kepala daerah tidak tahu, sehingga banyak cagar budaya di ruislag dibangun mall, ruko,"tutur Dedi Gumelar.

"Jadi panggilannya apa,"tanya wartawan.
"Terserah  panggil Miing silahkan , Dedi silahkan, asal jangan dipanggil KPK saja,"jawab Mi'ing.

Andrinof Chaniago mengatakan buku Terbukti Bisa tentang kinerja Mi'ing itu merupakan karya ilmiah.  "Saya pembimbing penulisnya yang membuat tesis untuk meraih master melalui kinerja anggota  DPR RI yang bernama Dedi Gumelar alias Mi'ing. Buku ini saya jamin karya ilmiah,"ujarnya.

Menurut Andrinof,  buku itu  merupakan momen penting bagi masyarakat yang kritis terhadap politisi berasal dari selebritis.

Kalau mau serius melihat kinerja artis dapat membaca buku tersebut, karena penulisnya melakukan terjun langsung ke daerah pemilihan Mi'ing.  Dengan demikian isi buku merupakan respon masyarakat kepada anggota Dewan yang namanya Mi'ing.

"Kesimpulan kita menemukan seorang anggota Dewan dari artis yang mempunyai nilai plus dari hubungannya dengan masyarakat  memang terbentuk karena Miing seorang komedian popularitas, menjadi modal sosial yang  terekam dalam interaksi dan meningkat menjadi modal sosial bagi Mi'ing," ungkap Andrinof.

Bahkan menurutnya, langkah-langkah Mi'ing sudah membentuk   modal politik. "Kalaupun ikut lagi didapilnya tinggi tingkat keterpilihannya tinggi," tukasnya.

Sebastian Salang menilai buku Terbukti Bisa yang berisi tentang kinerja Miing luar biasa. "Ini baru pertama kinerja anggota Dewan menjadi obyek penelitian ilmiah. Kami Formafi sengaja mengikuti apa saja yang dilakukannya di daerah pemilihannya. Dari hasil penelitian kami luar biasa, "kata Sebastian.

Menurut dia, Partai Politik memang masih mengandalkan orang populer untuk mesin politik, karena ambang batas   3,5 persen memerlukan pendongkrak suara salah satunya figur populer. Namun tidak banyak artis di DPR RI yang seperti Miing. " Miing merupakan bukti keraguan publik terhadap artis yang menjadi politisi di Senayan.

Formappi  akan meluncurkan buku rapor yang berisi tingkat integritas anggota DPR kepada dapilnya dan  keaktifannya di DPR apakah hanya datang duduk saja tanpa memberi usulan atau bersolek saja.

"Buku ini harus menjadi bahan pelajaran bagi artis yang direkrut menjadi anggota DPR,"kata Sebastian.

Editor : Surya