Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

FIFA Tunjuk Rusia dan Qatar Jadi Tuan Rumah Piala Dunia
Oleh : Magid
Jum'at | 03-12-2010 | 09:35 WIB

Swiss, Batamtoday - Rusia dan Qatar terpilih sebagai tuan rumah Piala Dunia untuk pertama kalinya. Rusia akan menyelenggarakan PD 2018 sementara Qatar 2022.

Bertempat di Zurich, Swiss, Kamis (2/12) waktu setempat, anggota komite eksekutif FIFA yang berjumlah 24 orang memilih Rusia sebagai penyelenggara PD 2018 alih-alih Inggris dan dua kontestan lainnya, Spanyol/Portugal dan Belanda/Belgia.

Sementara Qatar sukses menyingkirkan Jepang, Australia, Amerika Serikat, dan Korea Selatan sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022.

Rusia menyatakan sangat siap untuk menggelar Piala Dunia meskipun itu akan menjadi pengalaman pertama bagi mereka. Pembangunan lima stadion baru, di St. Petersburg, Kazan, dan Sochi, telah dipersiapkan dan total Russia akan melibatkan 14 kota penyelenggara.

"Anda telah mempercayakan kami Piala Dunia 2018 dan saya berjanji, kami semua berjanji bahwa Anda tidak akan menyesalinya," ucap wakil Perdana Menteri Rusia, Igor Shuvalov, di BBC Sport.

Sementara Qatar akan menjadi negara Timur Tengah pertama yang menyelenggarakan even olah raga besar. Mereka merencanakan renovasi tiga stadion dan membangun 9 stadion baru yang berada di tujuh kota penyelenggara.

Qatar yakin tingginya suhu, yang mencapai 48 C pada Juni-Juli, tidak akan menjadi kendala bagi mereka. Pasalnya, mereka melihat Amerika Serikat dan Meksiko bisa sukses sebagai tuan rumah Piala Dunia 1994 dan 1986 meskipun memiliki kendala yang sama.