PNPM-MPd Kecamatan Singkep Verifikasi Usulan Desa-Kelurahan
Oleh : Juhari
Rabu | 20-03-2013 | 15:25 WIB
logo-btd-6.jpg Kapolda Kepri
Rapat MAD Kecamatan Singkep dalam ferifikasi usulan desa dan kelurahan

LINGGA, batamtoday - Musyawarah Antar Desa (MAD) dalam rangka perengkingan usulan desa dan kelurahan yang digelar Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan atau PNPM-MPd Kecamatan Singkep di Gedung Sapta Pesona Dabo Singkep, Rabu (20/3/2013) diikuti sebanyak 99 peserta dari 9 desa dan 2 kelurahan yang ada di Kecamatan Singkep.


Abu Samah, Pengurus BKAD PNPM-MPd Kecamatan Singkep, menyampaikan beberapa usulan desa dan kelurahan yang menjadi skala prioritas, diantaranya Desa Batu Kacang mengusulkan pembangunan Gedung Paud (Pendidikan Anak Usia Dini), untuk Desa Tanjung Harapan mengusulkan Paket Pelatihan Menjahit dan Gedung Serba Guna serta Meubelair. Desa Batu Berdaun mengusulkan MCK , Gedung PAUD.

Sementara Desa Berhala, mengajukan Rabat Beton, MCK. Sedangkan Desa Berindat mengusulkan pengerasan jalan dan rabat beton, untuk Desa Sedamai mengusulkan, Pembangunan Gedung PAUD, pengadaan mesin jahit serta pelatihannya dan gedung serba guna.

Sementara itu, Desa Marok Kecil mengusulkankan 6 usulan, yakni jembatan kayu, MCK, balai pendidikan, rabat beton. Dan Desa Lanjut mengusulkan rabat beton, gedung pertemuan, jembatan kayu, pipanisasi air bersih, serta pengerasan jalan. Desa Kote mengusulkan rabat beton dan pembangunan gedung PAUD. 

Sementara itu, Slamet Harianto yang merupakan ketua tim verifikasi menyampaikan, adapun desa dan kelurahan yang lolos verifikasi, antara lain untuk desa Berhala adalah pembangunan gedung serba guna dengan ukuran 10 x 8 meter, serta rabat beton 400 meter. Desa Marok Kecil yang lolos adalah tambatan perahu sepanjang 160 x 2 meter. Untuk Kelurahan Dabo Lama, yang lolos hanya rabat beton sepanjang 480 meter dan pembangunan pendukung, berupa drainase.

Desa Batu Kacang yang lolos verifikasi adalah rabat beton dan pembangunan jalan serta gedung serba Guna, dan Desa Batu Berdaun yang diloloskan hanya pembangunan gedung serba Guna, Desa Tanjung Harapan yakni pembangunan gedung PAUD berukuran 4 x 8.

Desa Kote pembangunan drainase,serta Desa Lanjut juga pembangunan darainase sepanjang 350 meter beserta pengerasan jalan sepanjang 3 kilometer. Sementara itu, Desa Sedamai dapat rabat beton dan Desa Berindat adalah pipaniasi. Dan untuk Kelurahan Dabo, yang diloloskan adalah pembangunan drainase sepanjang 300 meter.

Editor: Dodo