Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Hari Ini, 10,3 Juta Penduduk Sumatera Utara Pilih Gubernur
Oleh : Dodo
Kamis | 07-03-2013 | 10:03 WIB

MEDAN, batamtoday - Hari ini, 10.310.872 di antara sekitar 15 juta penduduk Sumatera Utara mendapat kesempatan untuk menentukan pemimpin provinsi lima tahun ke depan. Warga yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) ini dapat memilih satu di antara lima pasangan cagub dan cawagub Sumut periode 2013-2018.

Hak pilih itu dapat diberikan di 26.452 tempat pemungutan suara (TPS) yang tersebar di 33 kabupaten dan kota. Pencoblosan dilakukan mulai pukul 07.00-13.00 WIB.

Di TPS, para calon pemilih berhak mencoblos dengan membawa formulir C6 ke TPS. Jika tidak mendapatkan formulir itu, warga tetap dapat memilih asal namanya masuk dalam DPT atau Daftar Pemilih Sementara (DPS), dengan syarat dapat menunjukkan KTP.

Calon pemilih memiliki kesempatan mencoblos atau tidak mencoblos gambar 5 pasangan calon yang mengikuti Pilgub Sumut. Kelimanya yaitu Gus Irawan Pasaribu-Soekirman, Effendi Simbolon-Jumiran Abdi, Chairuman Harahap-Fadly Nurzal, Amri Tambunan-RE Nainggolan, dan Gatot Pujo Nugroho-T Erry Nuradi.

Pasangan nomor urut 1, Gus Irawan Pasaribu-Soekirman (GusMan), didukung Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Gerindra, Partai Bintang Reformasi, dan Partai Bulan Bintang dan 19 parpol lain.

Gus Irawan Pasaribu merupakan Ketua KONI Sumut dan mantan Dirut Bank Sumut. Pasangannya, Soekirman, masih menjabat Wakil Bupati Serdang Bedagai.

Pasangan nomor urut 2, Effendi Muara Sakti Simbolon-Djumiran Abdi (ESDA), disokong PDI Perjuangan, Partai Damai Sejahtera, dan Partai Peduli Rakyat Nasional. Effendi Muara Sakti Simbolon merupakan anggota DpR RI. Pasangannya, Jumiran Abdi, mantan anggota KPU Sumut.

Pasangan nomor urut 3, Chairuman Harahap-Fadly Nurzal didukung Partai Golkar, PPP, Partai Buruh, Partai Republika Nusantara, dan Partai Pemuda Indonesia (PPI). Chairuman Harahap merupakan mantan Kajati Sumut dan saat ini menjadi anggota DPR dari Partai Golkar. Sedangkan Fadly Nurzal adalah Ketua DPW PPP Sumut dan anggota DPRD Sumut.

Pasangan nomor urut 4, Amri Tambunan-Rustam Effendy (RE) Nainggolan, didukung Partai Demokrat. Amri adalah Bupati Deli Serdang, sedangkan RE Nainggolan yang merupakan mantan Bupati Tapanuli Utara dan mantan Sekretaris Daerah Provinsi Sumut.

Pasangan nomor urut 5, Gatot Pujo Nugroho-Tengku Erry Nuradi (Ganteng) didukung Partai Keadilan Sejahtera, Partai Hanura, Partai Patriot, dan Partai Kebangkitan Nahdatul Ulama. Gatot Pujonugroho adalah mantan Ketua PKS Sumut yang saat ini masih menjabat Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Sumut. Pasangannya Tengku Erry Nuradi juga masih menjadi Bupati Serdang Bedagai.

Sumber: merdeka.com