Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Bank Mandiri Salurkan 30,2 Triliun untuk Sektor Perkebunan Sawit Nasional
Oleh : Redaksi
Kamis | 02-12-2010 | 12:22 WIB

Bali, Batamtoday - PT Bank Mandiri Tbk telah menyalurkan fasilitas pembiayaan hingga Rp 30,2 triliun ke sektor perkebunan kelapa sawit Nasional dan industri turunannya sampai akhir Oktober 2010. Angka ini tumbuh 35% dibandingkan periode yang sama tahun 2009 dan mencapai 14% dari total portofolio pembiayaan sektor perkebunan di bank pelat merah itu.

Demikian disampaikan Executive Vice President Agro Based Bank Mandiri Rafjon Yahya di Nusa Dua, Bali, Kamis (2/12/2010).

Menurut Rafjon Yahya, perseroan menilai kelapa sawit memiliki keunggulan dibandingkan komoditi minyak nabati lainnya, terutama jumlah produksi tahunannya pada setiap hektar lahan.

"Kami yakin prospek perkembangan industri kelapa sawit Indonesia akan tetap tumbuh dengan baik karena kami telah mengenali karakteristik bisnis ini dalam waktu yang cukup lama," kata nya.

Model pembiayaan industri kelapa sawit yang digunakan Bank Mandiri menjadi faktor pendukung tumbuhnya portofolio dengan angka NPL yang rendah. Model bisnis pembiayaan ini didukung oleh kajian rutin mengenai industri kelapa sawit baik melalui riset internal maupun dengan pihak eksternal yang kompeten, mencakup semua aspek baik mikro maupun makro.

Terkait dengan isu lingkungan dan sosial, Bank Mandiri selalu mempertimbangkan aspek-aspek tersebut di setiap analisa pembiayaan seperti kepatuhan terhadap regulasi pemerintah, legalitas lahan yang jelas serta kondisi sosial masyarakat sekitar kebun.

Bank Mandiri juga memandang penting pembangunan kebun kelapa sawit yang berkelanjutan (sustainable) dan akan terus mendukung program pemerintah seperti konservasi hutan, program plasma, dan CSR di sektor kelapa sawit.