Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Mendagri Lantik Gubernur Kalbar Terpilih
Oleh : si
Senin | 14-01-2013 | 19:08 WIB

PONTIANAK, batamtoday - Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Barat terpilih, Cornelis dan Christiandy Sanjaya di Gedung DPRD Kalimantan Barat.



"Pilgub Kalbar aman, damai, dan sentosa. Dukungan untuk gubernur cukup besar, mencapai 52 persen lebih. Maka dari itu, gubernur baru hari ini harus benar-benar mengemban tugasnya," kata Gamawan, dalam sambutannya di Pontianak, Senin (14/1/2013).

Gamawan mengingatkan pemerintah pusat akan mengawasi kinerja pemerintah daerah. "Tujuannya supaya pembangun itu merata. Kami meminta, kepada bupati-bupati di Kalbar supaya bekerja lebih baik lagi," kata dia.

Gamawan menyoroti pentingnya posisi Kalimantan Barat sebagai provinsi yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia. Dia berharap gubernur dan wakil gubernur yang baru dilantik ini bisa memajukan pembangunan dan perekonomian warga di perbatasan.

"Provinsi ini sangat dekat dengan perbatasan Malaysia. Saya minta warga perbatasan menikmati pembangunan. Ke depannya alokasi dana untuk perbatasan akan ditingkatkan. Pembangunan di wilayah perbatasan Malaysia harus lebih maju," ujar dia.

Namun, Gamawan menyadari bahwa Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Kalimantan Barat masih di bawah rata-rata nasional. Sehingga pembangunan IPM di Kalbar harus menjadi prioritas. "Makanya peningkatan IPM itu lebih penting," tambahnya.

Selain itu, Gamawan juga meminta pemimpin baru di Kalbar menyelesaikan sengketa lahan antara warga dengan pihak perusahaan yang berada di wilayahnya. Sehingga, konflik itu tidak mengganggu Negara Kesatuan Republik Indonesia di wilayah perbatasan.

"Karena sumber-sumber konflik itu sangat jelas, makanya perlu langkah-langkah konkrit. Mari kita jaga stabilitas daearah. Bersama-sama memajukan daerah perbatasan," kata dia.