Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Berat dan Ukuran Sendok Juga Pengaruhi Rasa Makanan
Oleh : dd/dtf
Rabu | 02-01-2013 | 12:16 WIB

BATAM, batamtoday - Makanan memang selalu memancing selera. Karenanya, banyak orang berfokus pada komposisi, penampilan dan nilai gizinya. Namun, kini ada fakta lain yang menyebutkan jika berat, warna, dan ukuran alat makan juga punya andil dalam bereaksi terhadap makanan!

Seorang pakar psikologi dari Oxford University bernama Charles Spence melakukan penelitian terkait hal tersebut. Ia mengungkap jika makanan terasa lebih enak ketika dinikmati di atas wadah porselen dan juga alat makan yang berat.

"Sudah tahunan kami habiskan banyak waktu untuk memikirkan (hubungan antara) rasa, warna, dan suara makanan," kata Spence dalam Daily Mail. Menurut Spence, orang tak mungkin hanya mengonsumsi makanannya, dan selalu memanfaatkan alat makan di atas piring. "Dan ketika Anda merubahnya, terdapat perubahan besar," tambahnya.

Berdasarkan eksperimen yang ia lakukan, ditunjukkan jika elemen sederhana seperti warna piring dan berat sendok bisa membuat perbedaan. Dalam penelitiannya, disimpulkan jika popcorn terasa lebih asin ketika dimakan dari mangkuk warna biru dibanding yang diambil dari mangkuk merah.

Bahkan para responden dalam penelitian tersebut mengakui jika dessert strawberry yang dimakan dari piring warna putih terasa lebih manis dibanding dessert yang sama yang diletakkan di atas piring hitam.

Penelitian yang juga menggandeng chef profesional, salah satunya Heston Blumenthal ini menyimpulkan jika perbedaan warna memiliki peranan penting.

Begitu juga dengan ukuran alat makan. Dikatakan jika alat makan yang berat membuat makanan lebih nikmat. "Jika Anda menggunakan sendok yang lebih berat, makanannya akan terasa lebih enak," kata Spence. Diperkirakan hal ini terjadi karena orang sering menghubungkan berat dengan nilai sesuatu.