Lulus Verifikasi Dewan Pers No.126/DP-Terverifikasi/K/X/2017

Rencana Proyek Pembangunan Pelabuhan Kali Baru Telan Dana Rp25 Triliun
Oleh : Andri Arianto
Jum'at | 11-03-2011 | 18:21 WIB

Batam, batamtoday - PT Pelindo II merencanakan pembangunan Terminal Kontainer Kali Baru atau Container Terminal Kali Baru (CTK) yang diproyeksi menelan anggaran biaya sebesar Rp 25 triliun. Pembangunan bersifat multi years hingga tahun 2016.

"Untuk rencana pembangunannya pada pertengahan tahun ini sudah bisa dimulai, untuk ground breaking Mei tahun ini," ungkap Direktur Utama PT Pelindo II RJ Lino disela-sela Seminar Nasional dan Rakernas ke-2 Federasi Serik6at Pekerja BUMN di Batam, Jum'at 11 Maret 2011.

Dikatakannya, proyek pembangunan CTK itu sebagai salah satu tujuan bongkar muat peti kemas selain pelabuhan Tanjung Priok yang kini sudah padat. Dana investasi tersebut katanya mayoritas berasal dari dana equity eksternal dan 30 persen dari internal.

Lino menjelaskan tahapan pembangunan terminal kontainer Kali Baru akan dilangsungkan bertahap. Tahap pertama adalah pembangunan dermaga kontainer pelabuhan Kali Baru. Dari dana investasi itu proyek kali baru kata Lino membutuhkan dana Rp 22 triliun. Dermaga 22.5 kilo menghabiskan dana sekitar Rp 11-12 triliun. Selain itu Pelindo II juga akan mengembangkan dermaga peti kemas seluas 3500 meter persegi dengan kapasitas 5 hingga 6 juta TEUS dan  Pelindo II akan membangun terminal migas seluas 800 meter persegi di Kali Baru. Terminal minyak dan gas tersebut menghabiskan dana sebesar Rp 6,2 triliun.

Selain Terminal Peti Kemas Kali Baru, Pelindo II juga akan membangun terminal peti kemas baru di Pontianak, Bengkulu dan Palembang dengan dana sebesar Rp 1 triliun serta penambahan 47 alat bongkar muat di wilayah Pelindo II.